الصراع الاجتماعي في الفيلم "بلا أنيو بريد أف هرو" لأيمن جمال

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pramesti, Iftitah Ardiwira (2021) الصراع الاجتماعي في الفيلم "بلا أنيو بريد أف هرو" لأيمن جمال. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iftitah Ardiwira Pramesti_A01217020.pdf

Download (4MB)

Abstract

Melihat karya Aiman Jamal seakan-akan kita diajak untuk melihat realitas dunia sebenarnya. Karyanya yang dituangkan dalam film Bilal a New Breed ini menggambarkan realitas masyarakat arab yang ada dalam film dengan refleksi sejarah yang terjadi pada waktu itu yaitu masyarakat arab pada zaman jahiliyah dan awal masuknya islam. Dalam penelitian ini peneliti mengambil objek Film Bilal a New Breed karena film ini dianggap ada beberapa konflik sosial mewakili realitas masyarakat yang digambarkan oleh Aiman Jamal. Adapun rumusan masalah dalam dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk konflik sosial yang terjadi dalam film “Bilal a New Breed”? (2) Apa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya konflik sosial dalam film “Bilal a New Breed”?. Berdasarkan masalah yang dianalisis maka penelitian menggunakan teori konflik Sosial Lewis Coser sebagai pisau analisisnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra. Sedangkan metode yang digunakan deskriptif dengan model analisis data menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan kesimpulan. Hasil dari analisis penelitian ini adalah sebagai berikut (1) terdapat 18 data konflik sosial yang terjadi dalam film “Bilal a New Breed”. (2) konflik terdapat 6 bentuk konflik dengan rincian 4 data bentuk percekcokan, 1 data bentuk perkelahian, 2 data bentuk amarah, 3 data bentuk pertengkaran, 2 data bentuk pembunuhan, 2 data bentuk peperangan. Sedangkan faktor penyebab konflik sosial ditemukan ada 3 faktor yaitu 6 data faktor perbedaan individu, 7 data faktor perubahan sosial, 1 data faktor bentiran kepentingan ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pramesti, Iftitah Ardiwiraardiwiraiftitah@gmail.comA01217020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@uinsby.ac.id2022127601
Subjects: Konflik sosial
Film
Keywords: Sastra; Sosiologi Sastra; Konflik Sosial.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Iftitah Ardiwira Pramesti
Date Deposited: 06 Jul 2021 11:50
Last Modified: 06 Jul 2021 11:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/48180

Actions (login required)

View Item View Item