Pengaruh penambahan ekstrak daun mangrove api-api (Avicennia alba) sebagai imunostimulan udang vaname (Litopenaeus vannamei) terhadap penyakit vibriosis yang disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahenda, Anjani Arum (2021) Pengaruh penambahan ekstrak daun mangrove api-api (Avicennia alba) sebagai imunostimulan udang vaname (Litopenaeus vannamei) terhadap penyakit vibriosis yang disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anjani Arum Mahenda_H74216049.pdf

Download (5MB)

Abstract

Udang vaname (Litopenaeus vannamei) merupakan salah satu spesies paling esensial di Indonesia dengan hampir semua produksi berasal dari budidaya. Serangan penyakit menjadi salah satu penyebab utama kegagalan dalam budidaya udang vaname utamanya serangan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Vibrio parahaemolyticus. Ekstrak daun mangrove Avicennia alba diketahui memiliki senyawa aktif yang mampu berperan sebagai antibakteri. Penelitian ini dilakukan dengan mencampurkan ekstrak daun mangrove Avicennia alba dengan kode perlakuan VA, VB dan VC dengan dosis masing-masing 150 ppm, 250 ppm dan 350 ppm ke dalam pakan komersial dengan metode re-pelletting. Perlakuan kontrol positif (KV+) menggunakan vitamin komersial yang ditambahkan ke dalam pakan. Udang vaname yang digunakan berusia 60 hari dengan rerata bobot awal sebesar 8,9 gram. Akuarium yang digunakan sebanyak 15 buah dengan ukuran 60 x 30 x 40 cm dan volume air 54 liter. Uji tantang udang vaname dengan bakteri Vibrio parahaemolyticus dengan konsentrasi 106 Cfu/ml sebanyak 0,2 ml. Gejala klinis udang vaname meliputi hepatopankreas berwarna putih pucat, ekor menghitam, kaki renang geripis, nekrosis pada beberapa bagian tubuh, nekrosis pada ekor, rostrum menghitam dan nekrosis, usus putus-pustus yakni sebagian coklat dan mulai berwarna putih, usus kosong, keberadaan feses putih muncul di akuarium, nafsu makan berkurang, serta tidak aktif berenang. Hasil menunjukkan ekstrak daun Avicennia alba berpengaruh terhadap pertumbuhan bobot mutlak (W), laju pertumbuhan (GR), laju pertumbuhan spesifik (SGR), kelulushidupan (SR), total haemocyte count (THC) dan aktivitas fagositosis udang vaname. Dosis 350 ppm perlakuan VC merupakan dosis yang paling berpengaruh sebagai imunostimulan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahenda, Anjani Arumanjaniarumm@gmail.comH74216049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunir, Misbakhulmisbakhul_munir@uinsby.ac.id198107252014031002
Thesis advisorMaisaroh, Dian Sarimaisaroh.ds@uinsby.ac.id198908242018012001
Subjects: Bahan Obat
Ikan > Perikanan Tambak
Vaksinasi
Keywords: Avicennia alba; Imunostimulan; Udang vaname; Vibrio parahaemolyticus.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Anjani Arum Mahenda
Date Deposited: 15 Aug 2021 09:58
Last Modified: 15 Aug 2021 09:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/49427

Actions (login required)

View Item View Item