ANALISIS KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DIBEDAKAN DARI KECENDERUNGAN GAYA BERPIKIR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Zainullah (2016) ANALISIS KONEKSI MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH DIBEDAKAN DARI KECENDERUNGAN GAYA BERPIKIR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (45MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (771kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran matematika yang baik, maka akan lebih ditekankan pada bagaimana siswa memahami konsep-konsep matematika dengan baik, karena siswa yang memahami konsep akan mampu men-generalisasi-kan pengetahuannya. Salah satu hal yang cukup memberi pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika siswa adalah pemahaman pengetahuan awal. Ketika siswa diberi konsep matematika maka siswa akan berusaha memahami dengan menggunakan keterkaitan pengetahuan dan strategi dari konsep matematika yang sebelumnya sudah dipahami. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Bruner, bahwa setiap konsep dalam matematika saling berkaitan dengan konsep yang lainnya. Keterkaitan antar konsep dalam matematika disini sederhananya kita sebut dengan koneksi matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap proses koneksi siswa dalam menyelesiakan masalah dibedakan dari kecenderungan gaya berpikir
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan data kualitatif, subjek penelitian adalah 8 siswa kelas X MA Nurul Jadid yang terdiri dari subjek bergaya pikir Acak Abstrak, Sekuensial Konkret, Sekuensial Abstrak dan Acak Konkret berdasarkan tes gaya berpikir dan pertimbangan guru kelas matematika serta pengalaman peneliti selama praktek mengajar di sekolah tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes dan wawancara. Untuk menguji kredibilitas data, peneliti melakukan triangulasi sumber. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis berdasarkan indikator koneksi matematika siswa.
Setelah dilakukan analisis data penelitian, didapatkan hasil sebagai berikut: Hanya Subjek dengan gaya berpikir Acak Abstrak saja yang cenderung mampu melalui semua indikator dalam proses mengungkap koneksi matematika siswa. Subjek dengan gaya berpikir Sekuensial Konkret cendrung belum tentu mampu melalui 1 indikator dalam proses mengungkap koneksi matematika siswa. Subjek dengan gaya berpikir Sekuensial Abstrak cendrung belum tentu mampu melalui 4 indikator dan cenderung tidak mampu melalui 1 indikator dalam proses mengungkap koneksi matematika siswa. Subjek dengan gaya berpikir Acak Konkret cendrung belum tentu mampu melalui 5 indikator dan cenderung tidak mampu melalui 1 indikator dalam proses mengungkap koneksi matematika siswa.
Kata Kunci : Koneksi Matematika, Menyelesaikan Masalah, Gaya Berpikir

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, ZainullahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: zainullah zuhri
Date Deposited: 24 Mar 2016 06:42
Last Modified: 24 Mar 2016 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item