MOTIVASI DAN SELF ESTEEM SISWA UNDERACHIEVER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rakhmawati, Rizka Ayu (2016) MOTIVASI DAN SELF ESTEEM SISWA UNDERACHIEVER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MTS NEGERI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (396kB) | Preview

Abstract

Underachiever mengacu kepada siswa yang sesungguhnya memiliki tingkat potensi intelektual yang tergolong di atas normal, tetapi prestasi belajarnya tergolong rendah. Salah satu penyebab anak underachiever adalah kurangnya motivasi. Motivasi berfungsi menimbulkan, mendasari, dan mengarahkan siswa untuk belajar. Anak yang underachiever motivasinya rendah sehingga acuh tak acuh, mudah putus asa, perhatianya tidak tertuju pada pelajaran, suka mengganggu kelas, dan sering meninggalkan pelajaran, sehingga siswa mengalami banyak kesulitan dalam belajar. Karakteristik utama yang dihubungkan dengan anak underachiever adalah rendahnya self-esteem. Self-esteem merupakan penilaian seseorang secara umum terhadap dirinya sendiri, baik berupa penilaian negatif maupun penilaian positif yang akhirnya menghasilkan perasaan keberhargaan atau kebergunaan diri dalam menjalani kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar dan self-esteem pada siswa underachiever di MTs N Sidoarjo dan (2) menentukan faktor utama penyebab rendahnya motivasi belajar dan self-esteem pada siswa underachiever di MTs N Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) Angket; (2) wawancara, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis prosentase. Angket yang digunakan adalah angket terbuka berupa pertanyaan, angket ini digunakan untuk menentukan faktor apa saja yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar dan self-esteem pada siswa underachiever di MTs N Sidoarjo serta faktor utamanya. Sedangkan wawancara digunakan untuk mendukung dan memperjelas hasil jawaban pada angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, faktor-faktor penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa underachiever di MTs N Sidoarjo adalah faktor sikap, faktor kebutuhan dan faktor kompetensi. Sedangkan faktor-faktor penyebab rendahnya self-esteem pada siswa underachiever adalah faktor psikologis, faktor intelegensi, faktor lingkungan sosial, dan faktor lingkungan keluarga. Faktor utama penyebab rendahnya motivasi belajar pada siswa underachiever di MTs N Sidoarjo adalah faktor kebutuhan. Sedangkan faktor utama penyebab rendahnya self-esteem pada siswa underachiever adalah faktor psikologis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rakhmawati, Rizka AyuKharismahayu@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Perilaku
Keywords: Self Esteem; Matematika; Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizka Ayu Rakhmawati
Date Deposited: 05 Apr 2016 04:24
Last Modified: 02 Dec 2016 09:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item