GAYA KOMUNIKASI KOMUNITAS STAND UP INDO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifianto, Riska (2014) GAYA KOMUNIKASI KOMUNITAS STAND UP INDO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Gaya komunikasi dalam komunitas Stand Up Indo Surabaya merupakan aktivitas berkomunikasi atau berbicara baik itu verbal maupun non verbal yang dlakukan seorang comic dihadapan audiens dengan gaya “khas” melucu dan bertujuan untuk menghibur para audiens. Karena kegiatan komunikasi yang dilakukan seseorang baik itu secara verbal maupun non verbal dengan karakter yang khas sehingga mampu menimbulkan stimulus dan mampu mempengaruhi tingkah laku seseorang. Ada dua persoalan dalam skripsi ini, yaitu (1) Bagaimana proses komunikasi para comic di komunitas Stand Up Indo Surabaya ? Dan (2) Gaya komunikasi seperti apakah yang ingin dikembangkan dalam komunitas ini ?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi para comic dan gaya komunikasi Stand Up Comedy yang ingin dikembangkan di komunitas Stand Up Indo Surabaya. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan pendekatan kultural sehingga melakukan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara serta observasi lapangan. Informan pada penelitian ini berjumlah empat orang terdiri dari 2 orang comic lama, satu orang pendiri komunitas sekaligus comic dan satu orang audiens.
Dari analisis yang dilakukan, disimpulkan bahwa proses komunikasi yang ada dalam komunitas (1) Pertama, open mic. Para pelaku Stand Up Comedy atau new comers selalu dimainkan pada tahap pembukaan yang disebut dengan istilah open mic, kedua tahap review, ketiga tahap closing line. (2) Stand Up Indo Surabaya merupakan salah satu upaya komunitas dalam menarik perhatian audiens sehingga cerita yang disampaikan tidak membosankan, dan gaya komunikasi yang ingin dikembangkan dalam komunitas ini ada tiga macam yaitu gaya improssionist comedian, physical comedian dan improvisionalist comedian. Gaya komunikasi tersebut merupakan identitas komedian sehingga dengan gaya komunikasi yang dimiliki seorang comic maka akan mempermudah seorang comic dalam menghibur audiens.
Peneliti memberikan saran dalam komunitas Stand Up Indo Surabaya sebaiknya komunitas ini lebih memperluas jangkauannya bukan hanya ada di Cafe-cafe Surabaya ataupun Universitas- universitas namun lebih ke tempat-tempat seperti event-event yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Serta adanya manajemen event sehingga untuk event secara keseluruhan lebih terorganisir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Moch. Choirul Arif
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifianto, RiskaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Gaya Komunikasi; Komunitas Stand Up
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 09:09
Last Modified: 09 Feb 2015 09:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item