This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Maghrifatul A, Heni (2016) KONTRIBUSI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENANAMKAN AKHLAK MULIA: STUDI DINIYAH PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (459kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (291kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (609kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (579kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (864kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan mempunyai peran yang sangat urgent dalam kehidupan. Kegagalan dunia pendidikan dalam menyiapkan masa depan umat manusia merupakan kegagalan bagi kelangsungan kehidupan bangsa. Dunia modern saat ini, termasuk Indonesia ditandai oleh gejala kemerosotan akhlak yang benar-benar berada pada taraf yang menghawatirkan. Tuduhan sering kali diarahkan kepada dunia pendidikan sebagai penyebabnya. Hal ini terjadi karena pendidikan merupakan salah satu pranata yang terlibat langsung dalam mempersiapkan masa depan umat manusia. Terlebih lagi dunia pendidikan Islam yang notabene pendidikan yang sangat berkaitan dengan akhlak. Hal ini dapat dimengerti, karena pendidikan berada pada barisan terdepan dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas (cakap secara jasmani dan rohani). Kaitannya dengan hal tersebut, pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua yang bertujuan untuk tafaqquh fiddin (memahami agama) dan membentuk moralitas umat melalui pendidikan. Sehingga pondok pesantren sering kali dijadikan sebagai alternatif untuk memperbaiki akhlak seseorang. Sehingga untuk mengetahui kontribusi yang dilakukan oleh pondok dalam kasus ini harus diketahui secara menyeluruh, mulai dari sistem pendidikan Islam yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat dan implementasi pendidikan akhlak yang ada di pondok tersebut.
Kajian pustaka yang digunakan adalah pendidikan Islam dan akhlak. Dalam hal ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Sunan Drajat Paciran-Lamongan. Subjek penelitian adalah para pengurus dan pendidik di Pondok Pesantren Sunan Drajat. Teknik pengumpulan data menggunakan; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan data. Adapun teknik pemeriksaan keabsahaan data menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi data, dan diskusi teman sejawat.
Hasil dari penelitian ini, secara umum terdapat dua lembaga pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Sunan Drajat yakni pendidikan formal dan pendidikan non formal. Penanaman akhlak di pondok ini dilakukan oleh semua lembaga dan stake holder yang ada di dalamnya termasuk kehidupan di pondok. Adapun cara penanaman akhlak diantaranya melalui materi akhlak, uswah (keteladanan), dan pengontrolan. Dari keberagaman pendidikan dan cara penanaman tersebut dapat diketahui kontribusi Diniyah Pondok Pesantren Sunan Drajat sebagai berikut: pembelajaran akhlak melalui kitab, keteladanan, pengawasan, dan pengontrolan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan Islam |
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Akhlak; Pesantren; Sunan Derajat | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Heni Maghrifatul A | ||||||
Date Deposited: | 05 Apr 2016 08:18 | ||||||
Last Modified: | 05 Apr 2016 08:18 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5187 |
Actions (login required)
View Item |