Kesejahteraan psikologis anak usia dini dalam pembelajaran kelompok B1 di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono pada masa pandemi covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anggraini, Annisa Fitri (2022) Kesejahteraan psikologis anak usia dini dalam pembelajaran kelompok B1 di RA Darun Najah Kloposepuluh Sukodono pada masa pandemi covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Annisa Fitri Anggraini_D99217057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masa pandemi yang mengahruskan untuk membatasi diri berinteraksi dengan banyak orang. Dimana interaksi dalam pembelajaran untuk anak usia dini sangatlah penting demi pertumbuhan dan perkembangannya. Di RA Darun Najah tepatnya kelompok B1 banyak anak yang memiliki kesejahteraan psikologis baik dalam pembelajaran daring maupun luring.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesejahteraan psikologis anak usia dini di RA Darun Najah dan mengapa kesejahteraan psikologis itu dapat terjadi. Kesejahteraan psikologis merupakan kemampuan individu yang dapat menerima apa adanya, menciptakan interaksi yang baik dengan lingkungan sekitar atau orang lain, mandiri terhadap tekanan sosial, mengontrol lingkungan eksternal, mempunyai arti hidup, dan merealisasikan potensi dirinya secara kontinyu.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. hasil penelitian membuktikan bahwa kesejahteraan psikologis anak di RA Darun Najah dapat terbentuk karena para guru di RA Darun Najah memperhatikan kenyamanan dan kesenangan anak saat disekolah yang dapat dilakukan dengan berbagai cara untuk menumbuhkan kesejahteraan psikologis yang positif bagi perkembangannya. Salah satunya dengan memahami perasaan anak yang akan memberikan energi positif bagi anak untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Selain itu hasil penelitian membuktikan bahwa kesejahteraan psikologis pada anak usia dini di RA Darun Najah cenderung tinggi, hal ini ditandai dengan anak bisa mengekspresikan emosi yang ia rasakan terhadap lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anggraini, Annisa Fitrifanis7673@gmail.comD99217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com197304092005012002
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id201409007
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Kesejahteraan Psikologis; anak usia dini; pembelajaran.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Annisa Fitri Anggraini
Date Deposited: 05 Mar 2022 13:56
Last Modified: 05 Mar 2022 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52347

Actions (login required)

View Item View Item