Genealogi kekuasaan terhadap kontroversi nilai kesejarahan dalam film Jejak Khilafah di Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Za'imuddin, Muhammad Hamdan (2022) Genealogi kekuasaan terhadap kontroversi nilai kesejarahan dalam film Jejak Khilafah di Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Hamdan Za'imuddin_E91217095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk menganalisis fenomena kontroversial dalam Film Jejak Khilafah di Nusantara menjadi perbincangan di kalangan masyarakat tentang isu kekhilafahan di Indonesia. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini fokus pada bagaimana kontroversi nilai kesejarahan dalam Film Jejak Khilafah di Nusantara dan bagaimana analisis genealogi kekuasaan Michel Foucault terhadap kontroversi nilai kesejarahan dalam Film Jejak Khilafah di Nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teori analisis Michel Foucault yang menekankan pada arkeologi pengetahuan dan genealogi kekuasaan yang bertujuan untuk menggali diskursus yang muncul dalam kontoversi Film Jejak Khilafah di Nusantara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengusung dan narasumber dalam film tersebut berasal dari kelompok para khilafers, sehingga bisa dikatakan merupakan sebuah promosi akan khilafah dan menjadikan negara ini sebagai negara khilafah. Selain itu, diusungnya Film Jejak Khilafah memunculkan pandangan atas unsur penerimaan maupun penolakan akan adanya khilafah yang masing-masing pilihan bermuatan kepentingan dan motif tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Za'imuddin, Muhammad Hamdanmhamdanzaimuddin@gmail.comE91217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muchammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id2004057901
Subjects: Politik
Sejarah
Film
Keywords: Film jejak khilafah di nusantara; arkeologi; genealogi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Hamdan Za'imuddin
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:53
Last Modified: 26 Apr 2022 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/53103

Actions (login required)

View Item View Item