Perbandingan konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktavianti, Riski Ayu (2016) Perbandingan konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang perbandingan konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana perbandingan konsep hakikat pendidikan akhlak menurut Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, bagaimana perbandingan konsp tujuan pendidikan akhlak menurut Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, Bagaimana perbandingan konsep metode pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, dan Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak dalam perspektif Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi dengan perkembangan pendidikan akhlak di era modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Dalam analisis atau pengolahan data, penulis menggunakan metode analisis isi, analisis deskriptif, dan metode komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan dari kedua tokoh (Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi) dalam perumusan pengertian hakikat pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak, al-Ghazali menggunakan metode Tazkiyah an-Nafs dan riyadloh. Sedangkan Zarkasyi menggunakan metode keteladanan, penciptaan lingkungan, pengarahan, dan pelatihan. Disamping itu adanya persamaan dalam tujuan pendidikan akhlak yaitu menciptakan manusia yang sempurna yang mampu mendekatkan diri kepada Allah agar tercapainya kebagahagiaan di dunia dan akhirat. Serta relevansinya konsep pendidikan akhlak dari kedua tokoh dalam pembinaan akhlak masyarakat di era modern.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktavianti, Riski Ayu--D01212093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinachmad.muhibin.zuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi
Keywords: Perbandingan; Pendidikan Akhlak; Imam al Ghazali; K.H. Imam Zarkasyi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: riski ayu oktavianti
Date Deposited: 31 Mar 2016 03:06
Last Modified: 29 Nov 2019 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item