This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Oktavianti, Riski Ayu (2016) Perbandingan konsep pendidikan Akhlak Imam Al Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (600kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (445kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (331kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini mengkaji tentang perbandingan konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi. Rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana perbandingan konsep hakikat pendidikan akhlak menurut Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, bagaimana perbandingan konsp tujuan pendidikan akhlak menurut Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, Bagaimana perbandingan konsep metode pendidikan akhlak Imam al-Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi, dan Bagaimana relevansi konsep pendidikan akhlak dalam perspektif Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi dengan perkembangan pendidikan akhlak di era modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research), sedangkan metode pengumpulan datanya menggunakan menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Dalam analisis atau pengolahan data, penulis menggunakan metode analisis isi, analisis deskriptif, dan metode komparatif. Hasil penelitian ini adalah adanya perbedaan dari kedua tokoh (Imam Ghazali dan K.H. Imam Zarkasyi) dalam perumusan pengertian hakikat pendidikan akhlak dan metode pendidikan akhlak, al-Ghazali menggunakan metode Tazkiyah an-Nafs dan riyadloh. Sedangkan Zarkasyi menggunakan metode keteladanan, penciptaan lingkungan, pengarahan, dan pelatihan. Disamping itu adanya persamaan dalam tujuan pendidikan akhlak yaitu menciptakan manusia yang sempurna yang mampu mendekatkan diri kepada Allah agar tercapainya kebagahagiaan di dunia dan akhirat. Serta relevansinya konsep pendidikan akhlak dari kedua tokoh dalam pembinaan akhlak masyarakat di era modern.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Akhlak Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Biografi |
||||||||
Keywords: | Perbandingan; Pendidikan Akhlak; Imam al Ghazali; K.H. Imam Zarkasyi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | riski ayu oktavianti | ||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2016 03:06 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2019 08:48 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5390 |
Actions (login required)
View Item |