Dinamika sejarah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan: Sebuah tinjauan historis

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhri, Muhammad Nizamul (2022) Dinamika sejarah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan: Sebuah tinjauan historis. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Nizamul Fakhri_A92215103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah, yaitu (1) heuristik, yakni pengumpulan data berupa dokumen kepondokan dari Pondok Pesantren Karangasem, serta sumber lisan dari hasil wawancara dengan pengurus pondok dan tokoh-tokoh yang aktif dalam persyarikatan Muhammadiyah Lamongan, (2) kritik sumber, yakni melakukan uji otentisitas dan kredibilitas (3) interpretasi, yakni penafsiran terhadap sumber yang sudah diverifikasi, dan (4) historiografi, yakni penulisan secara kronologis sebagai hasil penelitian sejarah. Hasil penelitian adalah (1) Pondok Pesantren Karangasem didirikan oleh K.H. Abdurrahman Syamsuri pada Oktober 1948. Tujuan utama pondok pesantren tersebut adalah untuk mengatasi masalah kebodohan, kemiskinan dan keterbelakangan, (2) Pondok Pesantren Karangasem awalnya merupakan pondok pesantren tradisional yang kemudian mengalami perubahan sistem pendidikan dan kelembagaan hingga menjadi lembaga di bawah Perguruan Muhammadiyah dan menjadi pondok pesantren modern, (3) Pelaksanaan nilai-nilai profetik Kuntowijoyo di Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan sudah berjalan dengan baik meskipun tidka mengacu pada kurikulum dan RPP, hal ini dikarenakan kerjasama yang baik dan sinergisitas antara pihak sekolah, ustadz/ustadzah dan orang tua di rumah yang memberikan keteladanan kepada putra putrinya. Peran ustadz/ustadzah Pondok Pesantren Karangasem Muhammadiyah Paciran Lamongan sangat pokok dan penting. Dalam Pembentukan perilaku Islami dan kesadaran spiritual siswa oleh ustadz/ustadzah ada beberapa cara antara lain, dalam menumbuhkan semangat profetik dengan pembiasaan atau kondisioning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhri, Muhammad Nizamulnizamull.f@gmail.comA92215103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Thesis advisorKhodafi, Muhammadmkhod4fi@gmail.com2029117202
Subjects: Muhammadiyah
Pendidikan > Pesantren
Sejarah
Keywords: Pendidikan Profetik; Pesantren Karangasem; Historis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Nizamul Fakhri
Date Deposited: 12 Apr 2023 13:04
Last Modified: 12 Apr 2023 13:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/55139

Actions (login required)

View Item View Item