PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP HASJIM ASJ'ARI TULANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Siti Maria (2016) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII SMP HASJIM ASJ'ARI TULANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (726kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan model Experiential Learning VII SMP Hasjim Asj’ari Tulangan Sidoarjo, bagaimana kualitas pembelajaran pendidikan agama islam VII SMP Hasjim Asj’ari Tulangan Sidoarjo, serta bagaimana pengaruh model Experiential Learning terhadap kualitas pembelajaran pendidikan agama islam kelas VII SMP Hasjim Asj’ari Tulangan Sidoarjo. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dan angket kuesioner. Analisis data dengan mengambil hasil angket yang telah disebarkan ke beberapa siswa. Mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui ketentuan pengamatan, wawancara serta hasil dari angket yang telah disebarkan. Hasil penelitian mengungkapkan Pelaksanaan model pembelajaran dilakukan dengan baik, dengan indikator siswa mampu memahami proses pembelajaran dengan baik. Siswa belajar dari pengalaman mereka sendiri yang mereka kaitkan dengan materi yang sedang dipelajari, begitu juga tentang kualiatas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan Sidoarjo dilakukan dengan baik. Hal ini terbukti dari sikap antusias siswa terhadap mata pelajaran PAI itu sendiri, dan hampir semua siswa menyukai pelajaran PAI, mereka juga menerapkan sikap disiplin tinggi ketika mengikuti pelajaran terbukti dengan kehadiran siswa yang tepat waktu. , Berdasarkan dari hasil analisis kajian skripsi ini, maka dapat penulis simpulkan bahwa model Experiential Learning memiliki pengaruh yang sangat baik terhadap kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam terbukti dengan perhitungan penulis dengan SPSS dengan hasil 0,671 yang termasuk dalam kategori baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Siti MariaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendekatan
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Maria Ulfa
Date Deposited: 11 Apr 2016 07:39
Last Modified: 11 Apr 2016 07:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item