Tinjauan hukum pidana Islam dan hukum positif tentang penindakan tindak pidana pungutan liar: studi kasus penindakan oleh tim saber pungli Polresta Sidoarjo periode 2018-2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Rifdah Faizatul (2022) Tinjauan hukum pidana Islam dan hukum positif tentang penindakan tindak pidana pungutan liar: studi kasus penindakan oleh tim saber pungli Polresta Sidoarjo periode 2018-2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rifdah Faizatul Umroh_C93218100.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini hukum empiris yang berfokus pada pengaplikasian hukum materiil dalam kehidupan sehari-hari. Data dari penelitian ini bersumber dari data primer dan data sekunder, dimana data primer ini diperoleh dari wawancara dengan narasumber sedangkan data sekunder diperoleh dari menelaah jurnal-jurnal, buku-buku. Untuk analisa data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif yakni dengan mendeskripsikan hasil dari data yang diperoleh dalam kalimat dan kata yang mudah dipahami serta baik dan benar.Melihat dari hasil penelitian di lapangan dapat diperoleh beberapa fakta yang apabila dianalisa dalam hukum pidana Islam dan hukum positif adalah sebagai berikut: Pertama, penindakan yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo tetap konsisten. Penyebab terjadinya konsisten penindakan dari Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo adalah menurut data kasusnya tiap tahun nya menurun. Kedua, menurut tinjauan hukum pidana Islam bahwa perbuatan penindakan yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo ini adalah masuk kedalam jarimah ta’zīr. Dan menurut hukum positifnya bahwa perbuatan tindak pidana penindakan Operasi Tangkap Tangan kepada pelaku pungutan liar adalah dengan melihat adanya hubungan dan kerjasama antara pejabat negara dengan pihak lain atau negara. Berdasarkan fakta tersebut di atas maka penulis merekomendasikan agar penindakan yang dilakukan oleh Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo ini tetap lebih di displinkan lagi, supaya dari pejabat negara atau penyelenggara negara atau pelaku tindak pidana pungutan liar ini tidak melakukan perbuatan tindak pidana tersebut. Dan untuk Tim Saber Pungli Polresta Sidoarjo agar lebih diperluas dalam menjalankan tugasnya terutama dalam masalah penyelidikan tindak pidana pungutan liar di daerah pelosok desa, untuk para masyarakat agar lebih bersikap aktif dan tanggap serta segera melaporkan kepada pihak yang berwajib jika ada orang yang melakukan tindak pidana pungutan liar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Rifdah Faizatulrifdahumroh0132@gmail.comC93218100
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSafiudin, Achmadsafiudin@uinsby.ac.id2029129203
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana
Korupsi
Keywords: Pungli; Pungutan liar
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: rifdah umroh faizatul
Date Deposited: 27 Jul 2023 14:52
Last Modified: 27 Jul 2023 14:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/56011

Actions (login required)

View Item View Item