PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN MATERI AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AL-KARIM NGENI KEPUH KIRIMAN WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shofwan, Muhammad (2014) PENERAPAN PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN PADA PEMBELAJARAN MATERI AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH AL-KARIM NGENI KEPUH KIRIMAN WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (61kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan penerapan origam tahfidz al-Qur’an pada materi al-Qur’an jenjang awwaliyah di madrasah diniyah al-Karim Ngeni Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo, metode penyampaian progam tahfidz al-Qur’an dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan progam tahfidz al-Qur’an. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pengembangan
progam tahfidz al-Qur’an dalam pembelajaran agama Islam khususnya pada materi al- Qur’an. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
mengambil lokasi di madrasah Diniyah al-Karim Ngeni Waru Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, display data dan kesimpulan data. Sehingga data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara.
Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data di analisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penerapan progam tahfidz al-Qur’an dalam pembelajaran agama Islam pada materi al-Qur’an jenjang awwaliyah di madrasah diniyah al-Karim Ngeni Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo, sejauh ini pengembangannya masih belum optimal. meskipun faktor pendukung dan penghambat berjumlah sama, tetapi hal ini dapat dicermati pada hasil setoran hafalan al-Qur’anyang diperoleh para santri, rata-rata mereka tidak dapat menghafal dengan cepat, hal ini dikarenakan faktor kelelahan setelah beraktifitas selama seharian, dan madrasah diniyah al-Karim Ngeni Kepuh Kiriman Waru Sidoarjo saat ini masih kurang dalam media sebagai sarana pendukung progan tahfidz al- Qur’an, hal inilah yang menyebabkan belum optimalnya penerapan progam tahfidz al- Qur’an di madrasah diniyah al-Karim ini. Namun demikian, penerapan progam tahfidz al-Qur’an dalam materi cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto Dwijo
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shofwan, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Al Qur'an
Keywords: Tahfidz Qura'an; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Feb 2015 08:03
Last Modified: 10 Feb 2015 08:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item