Uji efektivitas ekstrak daun jambu biji daging buah putih (Psidium guajava L.) sebagai antibakteri vibrio parahaemolyticus secara in vitro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Fitri Ayu (2023) Uji efektivitas ekstrak daun jambu biji daging buah putih (Psidium guajava L.) sebagai antibakteri vibrio parahaemolyticus secara in vitro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Ayu Lestari_H71218021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Vibrio parahaemolyticus adalah bakteri patogen yang dapat mengancam kelangsungan hidup organisme laut dan menyebabkan gastroenteritis pada manusia melalui konsumsi makanan laut setengah matang atau luka yang terkena air laut. Pada awalnya, penyebaran bakteri dapat diatasi dengan pemberian antibiotik sintesis. Namun, banyaknya penyalahgunaan obat kimia dapat menimbulkan resistensi bakteri dan menghasilkan residu di lingkungan perairan sehingga diperlukan bahan alami yang dapat mengurangi efek samping, seperti daun jambu biji daging buah putih (Psidium guajava L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun jambu biji daging buah putih (Psidium guajava L.) sebagai antibakteri Vibrio parahaemolyticus secara in vitro. Desain penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan jenis penelitian post-test only control group design yang mana terdiri dari 4 perlakuan konsentrasi dan 2 perlakuan kontrol dengan pengulangan sebanyak 4 kali. Analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis dan dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keempat konsentrasi memiliki potensi dalam menghambat pertumbuhan bakteri dengan masing-masing diameter sebesar 6.25 mm, 7.875 mm, 8.75 mm, 10.85 mm sehingga respons daya hambat sedang diperoleh pada konsentrasi 10%, 15%, 20% dan respons daya hambat kuat diperoleh pada konsentrasi 25%. Namun, keempat konsentrasi tidak menunjukkan adanya pertumbuhan bakteri kurang dari 50 koloni dan tidak menunjukkan adanya kematian koloni bakteri (0 koloni) sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah ekstrak daun jambu biji daging buah putih (Psidium guajava L.) mempunyai efektivitas dalam menghambat pertumbuhan bakteri Vibrio parahaemolyticus (bakteriostatik) tetapi tidak dapat membunuh bakteri tersebut (bakterisidal).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Fitri Ayufitriayulestari0601@gmail.comH71218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRokhim, Saikusaiku_rokhim_avicenna@yahoo.com2021128601
Thesis advisorJariyah, Ita Ainunita.ainun@uinsby.ac.id0705128601
Subjects: Biologi
Bahan Obat
Morfologi
Keywords: Psidium guajava; vibrio parahaemolyticus; antibakteri; in vitro
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Fitri Ayu Lestari
Date Deposited: 01 Mar 2023 02:05
Last Modified: 01 Mar 2023 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/60171

Actions (login required)

View Item View Item