تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الحروف الهجائية لدى طلاب الفصل الأول في المدرسة المتوسطة منبع الإحسان جرسيك

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Eka Nur (2023) تحليل الأخطاء الإملائية في كتابة الحروف الهجائية لدى طلاب الفصل الأول في المدرسة المتوسطة منبع الإحسان جرسيك. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Nur Cahyani_A01219012.pdf

Download (996kB)

Abstract

“Analisis kesalahan penulisan huruf hiajiyah oleh para siswi Mamba’ul Ihsan Gresik” Bahasa adalah kumpulan suara yang dikomunikasikan orang dengannya. Dalam Bahasa Arab terdapat empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Penelitian ini dilakukan karena banyaknya kesalahan penulisan huruf hijaiyah dalam tulisan siswa, khususnya pada siswi SMP Mamba’ul Ihsan Gresik, penelitian tentang kesalahan tersebut disebut Analisis Kesalahan. Dalam penelitian ini, Peneliti ingin menganalisis kesalahan tulisan pada penulisan huruf hijaiyah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah; (1) apa bentuk-bentuk kesalahan pada penulisan huruf hijaiyah siswi SMP Mamba’ul Ihsan Gresik? (2) apa penyebab kesalahan dikte pada penulisan huruf hijaiyah siswi SMP Mamba’ul Ihsan Gresik?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan pada penulisan huruf hijaiyah siswi SMP Mamba’ul Ihsan Gresik. (2) untuk mengetahui penyebab kesalahan dikte pada penulisan huruf hijaiyah siswi SMP Mamba’ul Ihsan Gresik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu peneliti mengumpulkan data dari lembar penulisan para siswa, untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam tulisan mereka. Adapun langkah-langkah dalam menganalisis kesalahan, pertama: siswi tersebut didikte per kata oleh peneliti., kedua: mengidentifikasi kesalahan, ketiga: menjelaskan kesalahan, keempat: mengevaluasi kesalahan. Adapun bentuk kesalahan penulisan ada 5, yaitu menyambung dan memisah huruf, menambahi huruf, mengurangi huruf, dan mengganti huruf. Untuk penyebabnya disebabkan karena kurangnya praktek.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Eka Nurcahyanieka302@gmail.comA01219012
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Thesis advisorEfendi, Nasikul Mustofaayah_azmee@yahoo.com132101811755
Subjects: Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kesalahan Penulisan Huruf Hijaiyah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Eka Nur Cahyani
Date Deposited: 04 May 2023 07:04
Last Modified: 04 May 2023 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61862

Actions (login required)

View Item View Item