Kesalahan berbahasa indonesia pada media berita online lambe turah edisi tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhana, Rizqillah Rahmah (2023) Kesalahan berbahasa indonesia pada media berita online lambe turah edisi tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizqillah Rahmah Ramadhana_A04219018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk dan memaparkan perbaikan kesalahan berbahasa yang ada pada media berita online Lambe Turah edisi tahun 2022. Teori yang iimplementasikan di penelitian ini yaitu kesalahan berbahasa yang dikemukakan oleh Setyawati 2013).Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, dengan teknik dokumentasi dan mencatat. Kata, frasa, dan kalimat dari media berita online Lambe Turah edisi tahun 2022 merupakan data dalam penelitian ini. Data kata, frasa, dan kalimat tersebut diperoleh lebih khusus di kolom berita Hot News bertema selebriti dalam website Lambe Turah yang diterbitkan bulan Januari hingga Desember tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan adanya kesalahan berbahasa pada 2 (dua) tataran yakni: morfologi dan sintaksis. Kesalahan tataran morfologi sebanyak 21 data dengan rincian kesalahan pada penghilangan afiks, penggunaan afiks yang tidak tepat, dan penyingkatan prefiks men-. Kesalahan berbahasa Indonesia tataran sintaksis diklasifikasikan menjadi 2 (dua) yaitu bidang frasa dan bidang kalimat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhana, Rizqillah Rahmahrizqillahrahmah@gmail.comA04219018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRumilah, Sitist.rumilah@gmail.com2012077601
Subjects: Bahasa Indonesia
Morfologi
Media Sosial
Keywords: Berita; kesalahan berbahasa; lambe turah
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Rizqillah Rahmah Ramadhana
Date Deposited: 04 May 2023 03:13
Last Modified: 04 May 2023 03:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/61898

Actions (login required)

View Item View Item