IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP MARDI SUNU SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sholihah, Faridhatus (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL DALAM SIKAP TOLERANSI BERAGAMA SISWA DI SMP MARDI SUNU SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Skripsi Ini Berjudul Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Dalam Siap Toleransi Beragama Siswa di Smp Mardi Sunu Surabaya, Fokus Penelitian adalah (1) Bagaimana Konsep Pendidikan Islam Multikultural?, (2) Bagaimana implementasi konsep Pendidikan islam Multikultural dalam membentuk sikap toleransi Beragama siswa di SMP Mardi Sunu Surabaya?.
Dalam menjawab permasalahan tersebut skripsi ini merupakan penelitian Kualitatif dengan mengambil latar SMP Mardi Sunu. Dengan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Implementasi Pendidikan Islam Multikultural Dalam Sikap Toleransi Beragama Siswa Di Smp Mardi Sunu Surabaya. Dalam penelitian ini menupas aspek-aspek sikap toleransi antar siswa yang langsung digambarkan dilapangan dengan mengaitkan pendidikan islam multikultural. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan bahan pertimbangan bagi guru maupun staf sekolah dalam mewujudkan pendidikan islam multikultural dalam sebuah lembaga. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi., observasi, wawancara, Analisis data kemudian diambil makna terpenting dan ditarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan tentang penerapan sikap toleransi beragama siswa telah sesuai dengan maksud dan tujuan pendidikan multikultural. Ini berdasarkan pada seluruh kegiatan mulai dari belajar mengajar kegiatan ekstra atau intrakurikuler secara umum sudah diterpakan. Dengan melihat interaksi sosial antar teman sebaya atau guru serta kepada lingkungan sekolah, serta sikap toleransi yang ditanamkan dalam diri siswa juga sudah terlaksana dengan maksimal sebagai bukti ketika sekolah mengadakan kegiatan keagamaan, seluruh siswa saling membantu tanpa memandang agama serta budaya dari setiap masing-masing siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sholihah, Faridhatusfaridhatus.sholihah7@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pluralisme
Keywords: Pendidikan Islam Multikultural; Toleransi Beragama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Faridhatus Sholihah
Date Deposited: 03 Jun 2016 02:57
Last Modified: 03 Jun 2016 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6206

Actions (login required)

View Item View Item