Arsitektur Masjid Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Sri (2023) Arsitektur Masjid Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Sri Wulandari_A72219070 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan:(1) Bagaimana sejarah pendirian masjid tarekat naqsabandiyah di Kabupaten Kediri?(2) Bagaimana bentuk arsitektur masjid Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana pemaknaan simbol Tarekat Naqsabandiyah pada Arsitektur Masjid di Kabupaten Kediri? Objek pada penelitian ini adalah tiga masjid yang memiliki arsitektur yang berhubungan dengan Tarekat Naqsabandiyah. Ketiga masjid tersebut adalah Masjid Baitussholihin, Masjid Baiturrohman, Masjid Abu Bakar. Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode penelitian Etnoarkeologi, yang mempelajari masyarakat masa kini yang masih terikat kuat dengan artefak masa lalu. Dalam teori penelitian ini menggunakan teori semiotika yang merujuk pada segitiga semiotika. Hal ini menjadikan penelitian ini akan dikaji dengan memfokuskan pada tiga hal yakni tanda, rujukan, makna. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, pendirian ketiga masjid dihubungkan dengan ketiga tokoh yang diyakini berasal dari jawa tengah dan merupakan pasukan Pangeran Diponegoro yang melarikan diri ke Jawa Timur lalu mendirikan masjid. Bentuk arsitektur dari ketiga masjid memiliki kemiripan antara satu sama lain. Kemiripan ini terlihat dari lima soko guru di ruang utama, pintu pada mihrab yang terhubung langsung dengan makam, ukiran lafadz Lillah pada bagain masjid, serta jumlah pintu yang ganjil. Makna arsitektur Tarekat Naqsabandiyah pada masjid ini diantaranya adalah penggunaan lafadz Lillah yang tersebar pada seluruh bagian masjid memiliki makna pada segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia haruslah ikhlas karena Allah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Srisalsabillawardah47@gmail.comA72219070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasyhudi, Masyhudimasyhudi_adab@yahoo.com2006045901
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com /ibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Arsitektur
Arkeologi
Sejarah
Keywords: Masjid; arsitektur; Tarekat Naqsabandiyah; makna
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Sri Wulandari
Date Deposited: 10 May 2023 02:47
Last Modified: 10 May 2023 02:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62327

Available Versions of this Item

  • Arsitektur Masjid Tarekat Naqsabandiyah di Kabupaten Kediri. (deposited 10 May 2023 02:47) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item