Strategi bisnis pada masa Pandemi COVID-19 dI UMKM Jolly Coffee Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setiawan, Norrahman Arief (2023) Strategi bisnis pada masa Pandemi COVID-19 dI UMKM Jolly Coffee Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norrahman Arief Setiawan_G03218025 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia sebagai tulang punggung perekonomian negara menjadi tidak berdaya akibat dari pandemi COVID-19. Maka dari itu judul skripsi ini akan membahas tentang Strategi Bisnis Pada Masa Pandemi COVID-19 DI UMKM Jolly Coffee Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk (a) Untuk menganalisis dampak bisnis pada masa pandemi, (b) Untuk mengetahui strategi yang digunakan saat pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan memakai teknik eksploratif serta didukung dengan beberapa studi literatur atau studi kepustakaan. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman, teknik verifikasi data menggunakan triangulasi teori, kemudian pengambilan data dilakukan melalui wawancara dan dilengkapi dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian terkait dampak bisnis yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19 antara lain: (a) cafe terhambat PSBB, (b) wajib melampirkan bukti sertifikat vaksin, (c) berkurangnya pembeli cafe, (d) menurunnya omset penjualan. Oleh karena itu untuk UMKM Jolly Coffee Surabaya, sudah mempersiapkan beberapa strategi bisnis yang dapat membantunya bertahan dalam menjalankan bisnisnya antara lain: (a) strategi digital marketing, (b) strategi bentuk kepedulian sosial. Saran untuk UMKM Jolly Coffee: (a) UMKM Jolly Coffee sudah menerapkan strategi bisnis yang maksimal tetapi harus di imbangi dengan bermitra dengan UMKM sejenis yang lain, dengan begitu akan menstabilkan dan menaikkan omset lebih besar lagi di masa pandemi ataupun tidak, (b) penelitian ini diharapkan menjadi salah satu opsi pengembangan strategi bisnis UMKM di masa pandemi COVID-19, (c) penelitian ini diharapkan bisa menjadi penggerak untuk peneliti lain untuk melanjutkan penelitian strategi bisnis dengan objek yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setiawan, Norrahman Ariefarrahman.arf@gmail.comG03218025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Subjects: Ekonomi
Manajemen Strategi
Media Sosial
Keywords: Strategi bisnis; dampak Pandemi COVID-19
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Norrahman Arief Setiawan
Date Deposited: 13 Jun 2023 08:14
Last Modified: 13 Jun 2023 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/62937

Actions (login required)

View Item View Item