Eksistensi sentra wisata kuliner Wiyung Surabaya:dalam tinjauan teori sistem William A. Shrode dan Voich Jr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

An Najih, Mochammad Dzulhimam (2022) Eksistensi sentra wisata kuliner Wiyung Surabaya:dalam tinjauan teori sistem William A. Shrode dan Voich Jr. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Dzulhimam An Najih _I93218078.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pokok permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana keberadaan dari sentra wisata kuliner wiyung yang semula menjadi tempat relokasi bagi para PKL liar di sekitran jalan raya wiyung hingga sekarang menjadi salah satu primadona sentra wisata kuliner di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk, pertama: mengetauhi kinerja sub-sistem dalam membangun sistem sentra wisata kuliner wiyung. Kedua: untuk mengetauhi sub-sistem yang paling unggul dan subsistem yang lemah dalam sistem sentra wisata kuliner wiyung. Ketiga: untuk mengetauhi eksistensi dari sentra wisata kuliner wiyung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dekriptif. Metode kualitatif menggunakan wawancara semi terstruktur dan dokumentasi untuk menggali informasi. Pemelihan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teori yang digunakan untuk menganalisis data adalah teori sistem-William A. Shrode dan Voich Jr. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sentra wisata kuliner wiyung adalah sebuah sistem yang memiliki unsur-unsur atau sub-sistem yang membantu membangun sentra wisata kuliner wiyung unsur-unsur tersebut yaitu: management SWK Wiyung, para pedagang SWK Wiyung, aneka jenis kuliner, fasilitas di SWK Wiyung, peran Dinas Koperasi Kota Surabaya, pengunjung di SWK Wiyung. unsur-unsur tersebut memiliki kinerja yang bagus dan bekerja sesuai tugas nya masing-masing dan saling membantu anatara unsur satu dengan yang lainnya. (2) unsu-unsur atau sub-sistem yang paling unggul adalah unsur management swk wiyung karena management di SWK Wiyung memiliki kinerja yang sangat baik yang dapat mempengaruhi unsu-unsur atau sub-sistem lainnya, dan management SWK Wiyung lah yang menjadikan unsu-unsur yang lainnya menjadi saling berinteraksi dan saling support satu sama lain, dan tidak ada unsur yang lemah dalam sentra wisata kuliner Wiyung karena semua unsur memiliki porsi dan tugasnya masing-masing yang mana sangat berpengaruh dalam menjadikan eksistensi di sentra wisata kuliner Wiyung. (3) sentra wisata kuliner Wiyung berhasil memiliki eksistensi hal tersebut dibuktikan kenyamanan pengunjung ketika berada di SWK Wiyung dan pendapatan tiap bulan dari sentra wisata kuliner Wiyung selalu yang tertinggi dari tiga SWK lainnya yang ada di Surabaya barat SWK yaitu: SWK Jajar Tunggal, SWK Lidah Wetan, dan SWK Lidah Kulon.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
An Najih, Mochammad Dzulhimammnajih08@gmail.comI93218078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorsuhartini, rrsuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Pedagang
Pariwisata
Sejarah
Keywords: Culinary tourism center; system; sub-system
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: najih muhammad najh najih
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:26
Last Modified: 06 Jul 2023 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/63111

Actions (login required)

View Item View Item