Peningkatan kemampuan koneksi matematika melalui pendekatan kontektual pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-B MTS Raden Rahmat Selorejo Mojowarno Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukafi, M. Ali Zabet (2016) Peningkatan kemampuan koneksi matematika melalui pendekatan kontektual pokok bahasan persamaan garis lurus kelas VIII-B MTS Raden Rahmat Selorejo Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (888kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (418kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (355kB) | Preview

Abstract

Kemampuan koneksi matematika siswa sangat penting dalam menentukan kemampuan belajar siswa. Rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa MTs. Raden Rahmat yang ditandai dengan hasil tes uji kompetensi pada materi yang sama 50% siswa mendapat nilai kurang dari 70 dan 60 % siswa mendapat nilai kurang dari KKM pada ujian akhir semester ganjil 2014-2015. Untuk itu peneliti berusaha mencari solusi permasalahan ini dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas( PTK ) di kelas VIII-B MTs. Raden Rahmat Selorejo Mojowarno Jombang dengan melalui pendekatan kontektual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada 1 Desember sampai 5 Desember 2015 di MTs Raden Rahmat Selorejo Mojowarno. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dalam 4 pertemuan dengan masing-masing siklus terdiri dari satu tatap muka pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes akhir siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi siswa, observasi kinerja guru
Dan tes tulis.Indikator yang digunakan untuk menilai peningkatan kemampuan koneksi siswa adalah : 1) Membuat representasi yang ekuivalen dari konsep yang sama. 2 ) Menjelaskan hubungan antara berbagai representasi konsep dan prosedur. 3) Menjelaskan hubungan atau keterkaitan antar topik matematika. 4) Menggunakan konsep matematika dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari. 5) Membuat contoh konsep penggunaan persamaan garis lurus dalam kehidupan sehari-hari.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII-B MTs. Raden Rahmat Selorejo setelah mengikuti pembelajaran kontektual, terlihat pada indikator 1, indikator 2, indikator 3, indikator 4, indikator 5 terjadi peningkatan kemampuan koneksi matematika dengan hasil tes dari siklus I ke siklus II berturut-turut sebesar 30 %, 31,15%, 50 %, 31,25 %, 42, 56% , dengan hasil tersebut permasalahan rendahnya kemampuan koneksi matematika siswa dapat diatasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukafi, M. Ali Zabet--D54211101
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@yahoo.com2026098302
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Pendekatan Kontekstual; Pokok Bahasan; Persamaan Garis Lurus;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Mar 2016 06:38
Last Modified: 16 Dec 2019 06:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/6397

Actions (login required)

View Item View Item