فعالية تطبيق وسيلة بوسوو لترقية مهارة التفكير العليا في جواب الأسئلة لطلاب في الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Islamy, Sabilah Dina (2023) فعالية تطبيق وسيلة بوسوو لترقية مهارة التفكير العليا في جواب الأسئلة لطلاب في الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية سورابايا. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sabilah Dina Islamy_D7221048.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan mengenai program pengembangan pembelajaran berorientasi pada HOTS (Higher Order Thinking Skill) dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas alumni. Madrasah Aliyah Negeri Kota Surabaya merupakan Madrasah sekolah percontohan di Kota Surabaya. Peneliti menemukan kurangnya kemampuan HOTS dalam menjawab soal Bahasa Arab pada siswa. Penggunaan media aplikasi yang tepatsangat dibutuhkan dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan demikian, Peneliti melakukan penelitian untuk mengetahui efektivitas pengguaan media aplikasi busuu untuk meningkatkan kemampuan HOTS dalam menjawab soal bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan HOTS dalam menjawab pertanyaan bahasa Arab siswa serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan media aplikasi busuu dalam menigkatkan HOTS dalam menjawab soal bahasa Arab siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan metodepre-experimental dengan desain one group pretest-posttest metode pengumpulan data yakni dalam penelitian ini yakni wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus “T-test”. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa kelas X-11 MAN Kota Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai t0 berjumlah 12,69 lebih besar dari nilai tt yang berjumlah 1,68 dan 1,306 dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun faktor yang mempengaruhi nilai t0 lebih bear dari tt dikarenakan beberapa hal yaitu Jumlah Variabel penelitian dan jumlah observai, data, atau repon. Maka dari penelitian ini bahwa penggunaan media aplikasi busuu dalam meningkatkan HOTS dalam menjawab soal bahasa Arab siswa kelas X MAN Kota Surabaya dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Islamy, Sabilah Dinadeasadisa@gmail.comD72219048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M. Yunuselyunusy@gmail.com2015036501
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id202807802
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan > Sumber Belajar
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Media aplikasi Busuu; HOTS (Higher Order Thinking, Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sabilah Dina Islamy
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:42
Last Modified: 18 Aug 2023 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64136

Actions (login required)

View Item View Item