الأفعال الكلامية الإنجازية في تعليقات الإنستجرام لقناة الجزيرة: دراسة تداولية - Analisis tindak tutur Ilokusi dalam caption akun Instagram Al Jazeera: kajian analisis pragmatik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safrianti, Qomarotul Lail (2023) الأفعال الكلامية الإنجازية في تعليقات الإنستجرام لقناة الجزيرة: دراسة تداولية - Analisis tindak tutur Ilokusi dalam caption akun Instagram Al Jazeera: kajian analisis pragmatik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qomarotul Lail Safrianti_A71219065 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Media masa cetak (tertulis) kini mengalami perkembangan dengan memanfaatkan media sosial untuk mempublikasikan hasil aktivitas jurnalistiknya. Al-Jazeera sebagai salah satu media terkemuka di dunia internasional memanfaatkan Instagram sebagai salah satu platform untuk menyebarkan informasi. Melalui Instagram, selain dalam betuk foto dan video, Al-Jazeera menyuguhkan bahasa teks berupa caption untuk mewakili berita yang ingin disampaikan. Caption dalam Instagram akun Al-Jazeera mengandung tindak tutur ilokusi yang memiliki daya tuturan untuk memberikan informasi kepada pembacanya. Oleh karena itu, rumusan masalah yang dapat ditemukan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana bentuk tindak tutur ilokusi dalam akun isntagram al-Jazeera, 2) bagaimana fungsi dari tindak tutur ilokusi di akun Instagram al-Jazeera. Objek dalam penelitian ini adalah caption pada postingan akun Instagram al-Jazeera tanggal 27-31 Mei 2023. Penelitian ini menggunakan teori Searle dalam analisisnya. Searle membagi tindak tutur ilokusi menjadi lima, yaitu asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah caption Instagram al-Jazeera berupa kata, frasa, maupun kalimat beserta konteksnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini, peneliti menemukan 1) lima bentuk tindak tutur ilokusi yang terdapat pada caption instagram al-Jazeera yaitu asertif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif, dengan rincian 10 tuturan asertif, 8 tuturan direktif, 1 tuturan komisif, 8 tuturan ekspresif, dan 2 tuturan deklaratif; 2) terdapat 16 fungsi tindak tutur ilokusi dalam caption instagram al-Jazeera, dengan rincian: fungsi asertif untuk menginformasikan 6 tuturan, 1 tuturan melaporkan, 1 tuturan menyatakan, 2 tuturan menjelaskan; fungsi direktif untuk memerintah 3 tuturan, 1 tuturan mengecam, 1 tuturan dakwah, dan 3 tuturan untuk menanyakan; fungsi komisif untuk berkomitmen berupa satu tuturan; fungsi ekspresif untuk mengkritik terdapat 2 tuturan, 1 tuturan mengucapkan selamat, 1 tuturan untuk bersyukur, 1 tuturan untuk meminta maaf, 1 tuturan untuk mengekspresikan kecewa, dan 2 tuturan untuk mengekspresikan rasa senang; fungsi deklaratif untuk memutuskan terdapat 2 tuturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safrianti, Qomarotul Lailsafriantiqomarotullail@gmail.comA71219065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Himmatulhimmatulkhoiroh@gmail.com197612222007012021
Thesis advisorFrank, Ahmadahmadfrank@gmail.com197609262007101003
Subjects: Bahasa Arab
Media Sosial
Linguistik
Keywords: Tindak tutur ilokusi; caption Instagram; al Jazeera
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Qomarotul Lail Safrianti
Date Deposited: 04 Sep 2023 02:16
Last Modified: 04 Sep 2023 02:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64541

Actions (login required)

View Item View Item