Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis perspektif Yusuf Qaradhawi: studi di Toko Imam Jaya Toys Kota Serang Provinsi Banten

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningsih, Widya Aprillia (2023) Strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis perspektif Yusuf Qaradhawi: studi di Toko Imam Jaya Toys Kota Serang Provinsi Banten. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Aprillia Ningsih_G74219124 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam ekonomi Islam menghubungkan bahwa strategi pemasaran adalah alat suatu perusahaan dalam mencapai target penjualan dan memberikan nilai kepada konsumen. Yusuf Qaradhawi menjelaskan pemasaran dapat memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen ke konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan apa yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti yang pertama, pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis yang diterapkan toko imam jaya toys. Kedua, strategi pemasaran dan persaingan di toko imam jaya toys menurut Yusuf Qaradhawi. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada pemilik, karyawan, dan konsumen Imam Jaya Toys. Hasil dari penelitian ini adalah strategi pemasaran dalam menghadapi persaingan bisnis yang diterapkan toko imam jaya toys menggunakan dua strategi yaitu dari mulut ke mulut dimana masyarakat atau konsumen Toko Imam Jaya Toys senang dan suka berbelanja di toko tersebut dikarenakan memiliki produk yang lengkap, harga yang terjangkau dan pelayanan yang ramah. Promosi yang dilakukan oleh Toko Imam Jaya Toys yakni promosi melalui sosial media yaitu whatsapp hal ini dapat memperluas jangkauan konsumen dan dapat meningkatkan penjualan serta omset yang diperoleh. Strategi pemasaran dan persaingan di Toko Imam Jaya Toys menurut Yusuf Qaradhawi sudah menerapkan sistem distribusi. Distribusi langsung terlihat dari penyaluran barang yang dilakukan melalui whatsapp yang akan mempermudah pembeli. Namun belum sepenuhnya menerapkan sistem distribusi tidak langsung karena toko ini belum memiliki supplier tetap dimana pemilik selalu berbelanja sendiri kebutuhan dagangan. Lalu pada persaingan terdapat empat ketentuan yakni toleransi, menjaga hak orang lain, sedekah yang sebenarnya, bekal perdagangan menuju akhirat. Toko Imam Jaya Toys suidah meineirapkan keieimpatnya deingan baik. Tidak diragukan lagi mengapa toko ini selalu ramai pengunjung dikarenakan sikap dari pemilik dan karyawan yang sangat ramah dan baik. Penelitian ini dapat memberikan saran kepada pihak Toko Imam Jaya Toys untuk meningkatkan kembali strategi pemasaran produk. Selain itu, diharapkan kepada pelaku usaha lainnya agar dapat menerapkan strategi pemasaran dengan baik dan benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningsih, Widya Aprilliawidya200181@gmail.comG74219124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id201603311
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Bisnis
Keywords: Strategi pemasaran; Yusuf Qaradhawi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Widya Aprillia Ningsih
Date Deposited: 08 Sep 2023 08:31
Last Modified: 08 Sep 2023 08:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/64943

Actions (login required)

View Item View Item