Partisipasi publik berbasis media online di level perkotaan: studi kasus aplikasi E-wargaku

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Erfina Hani Puspita (2023) Partisipasi publik berbasis media online di level perkotaan: studi kasus aplikasi E-wargaku. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erfina Hani Puspita Sari_I91219078 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 February 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Erfina Hani Puspita Sari_I91219078.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini adalah kajian tentang partisipasi publik media online di kota Surabaya. Lebih spesifiknya studi ini akan meneliti bagaimana bekerjanya partisipasi warga dalam menggunakan aplikasi E-Wargaku. Penelitian ini menjawab rumusan masalah mengenai bagaimana peran partisipasi publik dalam menggunakan aplikasi E-Wargaku tanggapan serta penilaian masyarakat yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya. Pentingnya dari menjawab rumusan masalah ini karena sudah banyak studi tentang efektifitas dalam aplikasi tersebut daripada membahas tentang bagaimana partisipasi publik sebagai evaluasi kebijakan publik. Evaluasi partisipasi publik diambil pada review yang memberikan hasil beragam pada media sosial seperti twitter, instagram, google playstore dan masyarakat yang sudah menggunakan maupun tidak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian deskriptif yakni mengetahui sejauh mana partisipasi publik berbasis media online di level perkotaan dalam Studi Kasus Aplikasi E-Wargaku. Teknik pengumpulan data dalam kajian ini menggunakan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menerapkan dua teori yakni pertama teori mode of participation (MOPs) oleh Garry Rodan yang bahwasannya aplikasi E-Wargaku ini merupakan sebuah aplikasi publik bentuk dari Individualized political Expression dan Administrative Incorporation. Kedua, teori Bruce Bimber adanya kemudahan teknologi yang semakin maju, masyarakat dapat memberikan partisipasi mereka dimana saja dan kapan saja. Dengan hal ini jelas bahwa akan menghemat dana baik dari pihak masyarakat ataupun dari pihak pemerintah. Dan partisipasi yang diberikan oleh masyarakat akan jauh lebih aktif ketimbang saat masih menggunakan media konvensional. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa dalam hasil yang didapatkan yang dikorelasikan dengan teori Mode Partisipasi Online. Adanya hal tersebut sudah terbukti partisipasi publik mempengaruhi berjalannya suatu kebijakan pemerintah mengarah lebih baik dalam mendengarkan partisipasi masyarakat agar lebih maju. Berdasarkan kerangka MOPs oleh Garry Rodan yang mengkritisi bahwa partisipasi dalam bentuk Administrative Incorporation ternyata masih dianggap sebagai peredam konflik ketimpangan sosial pada penelitian terdahulu dan tidak menyelesaikan persoalan secara menyeluruh. Selain itu, Bentuk penggabungan administrasi dinilai sebagai jaminan birokrasi dengan demokrasi sistem pemerintahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Erfina Hani Puspitaerfinahanipuspitasarah@gmail.comI91219078
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noormaman.piramida@yahoo.com2019108501
Subjects: Masyarakat
Media Sosial
Keywords: Publik berbasis media online; level perkotaan: aplikasi E-wargaku
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: erfina hani puspita sari
Date Deposited: 01 Feb 2024 02:19
Last Modified: 01 Feb 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66453

Actions (login required)

View Item View Item