Phatic communication found in the dialogues of “pride and prejudice” (2005) movie

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nailul (2022) Phatic communication found in the dialogues of “pride and prejudice” (2005) movie. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailul Izzah_A73218068 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Nailul Izzah_A73218068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 December 2026.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi fatis dalam film “Pride and Prejudice (2005)”. Film ini adalah film romantis yang menceritakan tentang kisah hubungan keluarga, kehidupan dan cinta dalam keluarga kelas menengah ke atas di Inggris pada awal abad ke-19. Dalam film ini, banyak ditemukan komunikasi fatis dalam dialog-dialognya. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai komunikasi fatis. Dalam penelitian ini, ada dua rumusan masalah yang dijawab oleh peneliti: (1) Apa saja jenis komunikasi fatis yang ditemukan dalam film “Pride and Prejudice” (2005), dan (2) Apa saja fungsi komunikasi fatis yang ditemukan dalam film “Pride and Prejudice” (2005). Rumusan masalah pertama telah dijawab oleh peneliti dengan menggunakan teori Aitchison (1996) dan rumusan masalah kedua telah dijawab dengan menggunakan hasil penelitian Jumanto (2014). Penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dalam melakukan analisis. Data penelitian adalah bentuk ujaran yang diucapkan oleh semua karakter dalam film. Data tersebut diselidiki melalui klasifikasi, identifikasi, dan interpretasi komunikasi fatis yang diucapkan oleh semua karakter dalam film. Dalam penelitian ini, peneliti menemukan empat jenis komunikasi fatis. Ini terdiri dari 47 data ungkapan tambahan, 31 data kata-kata formalitas Ketika bertemu, 20 data topik umum dalam percakapan, dan 10 data kata tak berarti. Semua data ditemukan dalam dialog film ini. Selanjutnya, peneliti juga menemukan 12 fungsi komunikasi fatis yang terdiri dari 29 data untuk memulai percakapan, 21 data untuk memecah keheningan, 17 data untuk menjaga agar percakapan tetap berlangsung, 14 data untuk melakukan basa-basi, 12 data untuk mengekspresikan solidaritas, delapan data untuk melakukan gosip, empat data untuk menciptakan harmoni, empat data untuk mengungkapkan empati, empat data untuk mengungkapkan penghormatan, empat data untuk mengungkapkan kesantunan, dua data untuk menciptakan perasaan nyaman, dan dua data untuk mengungkapkan persahabatan. Jumlah frekuensi fungsi komunikasi fatis lebih banyak dari tipe karena beberapa data dalam tipe komunikasi fatis memiliki dua fungsi Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa komunikasi fatis dapat menciptakan suasana yang harmonis dan akrab antara pembicara dan lawan bicara. Selain itu, munculnya komunikasi fatis dapat disebabkan oleh genre film. Komunikasi fatis banyak ditemukan dalam film komedi dan romantis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Nailulnailullizzah75@gmail.comA73218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSwasono, Endratno Pilihendratno007@uinsby.ac.id/ endratno007@yahoo.co.id2007067102
Subjects: Bahasa Inggris
Film
Keywords: Komunikasi fatis; jenis fatis; fungsi fatis; film.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:42
Last Modified: 18 Dec 2023 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66809

Actions (login required)

View Item View Item