Pengaruh kompetensi da’i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya dengan media sosial sebagai variabel moderasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arrahmah, Fathiyah Khasanah (2023) Pengaruh kompetensi da’i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya dengan media sosial sebagai variabel moderasi. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathiyah Khasanah Arrahmah_02040721007.pdf

Download (22MB)
[img] Text
Fathiyah Khasanah Arrahmah_02040721007_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2027.

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi da'i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan mahasiswa di universitas negeri di Surabaya, dengan media sosial sebagai variabel moderasi. Metode penelitian yang digunakan dalam studi ini ialah penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji asumsi klasik menggunakan aplikasi SPSS V.26, serta SEM (Structural Equation Models) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3. Sampel penelitian terdiri dari 384 mahasiswa yang dipilih dengan Teknik random sampling dari populasi sejumlah 88.870 orang. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Analisis data menyatakan bahwa terdapat pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan. Nilai koefisien yang diperoleh adalah 0,052, dengan nilai p-Values sebesar 0,000 (lebih kecil dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 1 dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kompetensi da’i mempengaruhi perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya. (2) Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan. Nilai koefisien yang diperoleh adalah 0,477, dengan nilai p-Values sebesar 0,000 (lebih kecil dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 2 dapat diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pesan dakwah memiliki pengaruh terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Universitas Negeri di Surabaya. (3) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi da’i terhadap perilaku keagamaan dengan media sosial sebagai variabel moderasi tidak signifikan. Koefisien yang diperoleh adalah -0,008, dengan nilai p-Values sebesar 0,843 (lebih besar dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 3 ditolak. Artinya, variabel moderasi (media sosial) tidak memiliki pengaruh dalam hubungan antara kompetensi da’i dan perilaku keagamaan. (4) Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa pengaruh pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan dengan media sosial sebagai variabel moderasi tidak signifikan. Koefisien yang diperoleh adalah -0,033, dengan nilai p-Values sebesar 0,843 (lebih besar dari alpha = 0,05). Oleh karena itu, hipotesis 4 ditolak. Artinya, variabel moderasi (media sosial) tidak memiliki pengaruh dalam hubungan antara variabel pesan dakwah dan perilaku keagamaan. Kesimpulan penelitian adalah bahwa kompetensi da’i dan pesan dakwah memiliki pengaruh terhadap perilaku keagamaan mahasiswa universitas negeri di Surabaya. Artinya semakin baik kompetensi yang dimiliki da’i dan pesan dakwah yang disampaikan, maka semakin memberikan pengaruh pada perilaku keagamaan. Sedangkan media sosial sebagai variabel moderasi tidak mampu memperkuat ataupun memperlemah hubungan antara kompetensi da’i dan pesan dakwah terhadap perilaku keagamaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arrahmah, Fathiyah Khasanahfathiyahhasanah@gmail.com02040721007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaesaroh, Imasimas.kholis@gmail.com2014056601
Subjects: Komunikasi Islam
Media Sosial
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Kompetensi da’i; pesan dakwah; perilaku keagamaan; media sosial
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fat'hiyah Khasanah Ar'rahmah
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:20
Last Modified: 03 Jan 2024 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66851

Actions (login required)

View Item View Item