Hadis tentang Beauty Privilege di media sosial : pemahaman Hadis dalam Kitab Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 4143 dengan Teori Halo Effect

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bilqis, Aulia Malikal (2023) Hadis tentang Beauty Privilege di media sosial : pemahaman Hadis dalam Kitab Sunan Ibnu Majah Nomor Indeks 4143 dengan Teori Halo Effect. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Malikal Bilqis_07020520034 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aulia Malikal Bilqis_07020520034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 December 2026.

Download (1MB)

Abstract

Di media sosial muncul ungkapan-ungkapan beauty privilege yang menarik perhatian seperti “kamu cakep, setengah masalah hidupmu kelar”, “lu cantik, lu punya kuasa”, “if you looking good, you save” dan masih banyak ungkapan-ungkpan yang lain. Ungkapan seperti itu diistilahkan dengan beauty privilege. Beauty Privilege memiliki arti keistimewaan atau hak istimewa yang dimiliki si cantik. Penelitian ini akan sangat menarik apabila dilakukan dengan fokus penelitian hadis. Antara beauty privilege dengan riwayat Ibnu Ma>jah nomor indeks 4341 secara tekstual bertentangan. Khususnya dengan menggunakan pendekatan teori halo effect sebagai pelengkap. Penelitian menggunakan metodologi peneltia kualitatif dengan teknik pengumpulan data library research. Kemudian melakukan pengujian terhadap kualitas dan kehujjahan hadisnya. Untuk pemahaman menggunakan teori ma’a>ni al-H}adi>th. Dan relevansi antara hadis dengan beauty privilege menggunakan teori halo effect. Kesimpulan penelitian ini ialah Hadis riwayat Ibnu Majah tentang beauty privilege nomor indeks 4341, dikategorikan dalam hadis s}ah}i>h}. Pemahaman pada hadis tentang beauty privilege riwayat Ibnu Majah nomor indeks 4341, menjelaskan bahwa kecantikan rupa dan kekayaan tidak penting. Dalam syarah sunan ibnu majah dijelaskan yang dimaksud dengan melihat atau tidaknya ialah tidak mendekati seseorang dengan alasan ketampanan dan uang yang banyak. Sebaliknya, yang didekati ialah yang beramal baik dan memiliki keikhlasan hati. Pemahaman hadis tentang beauty privilege riwayat Ibnu Majah nomor indeks 4341 setelah direlevansikan juga dengan teori halo effect, dapat disimpulkan bahwa kecantikan rupa memang perlu diperhatikan, akan tetapi dibarengi juga dengan kecantikan hati dan amal. Selaras dengan konsep cantik 4B (brain, brave, bauty dan behavior). Sehingga ketika ketika tidak memiliki kecantikan rupa, maka ada kecantikan hati dan amal yang dapat dilihat. Dengan hal ini juga menjadikan seseorang tidak dirugikan secara sepihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bilqis, Aulia Malikalauliabilqis2020@gmail.com07020520034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Muhidmuhid@uinsby.ac.id2002106301
Subjects: Media Sosial
Hadis
Keywords: Beauty Privilege; Sunan Ibnu Majah; Halo Effect
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Aulia Malikal Bilqis
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:22
Last Modified: 29 Dec 2023 01:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/66939

Actions (login required)

View Item View Item