Fenomena Self Harm pada remaja : kajian Ma’ani Al Hadith riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 pendekatan psikologi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zahro, Putri Fatimatus (2023) Fenomena Self Harm pada remaja : kajian Ma’ani Al Hadith riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 pendekatan psikologi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Fatimatus Zahro_07040520093 OK.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Putri Fatimatus Zahro_07040520093 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke masa dewasa, dimana berada dalam masa yang penuh dengan konflik dan permasalahan. Menurut data tahun 2022 menunjukkan bahwa sebanyak 20,21% remaja meninggal karena melakukan bunuh diri dalam setiap tahunnya dan 93% adalah remaja perempuan. Oleh karena itu, perilaku self harm bukanlah perilaku yang sepele. Hal ini menunjukkan bahwa penyebab kematian pada remaja sebagian besar disebabkan oleh perilaku self harm. Jenis penelitian ini yaitu mixed methode yang merupakan gabungan antara studi pustaka dengan studi lapangan yang diperoleh melalui wawancara dengan dua significant others. Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama. Pertama, mengungkap kejelasan dari kualitas dan kehujjahan hadis tentang larangan berbuat mudharat dalam riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340. Kedua, menemukan pemaknaan hadis tentang larangan berbuat mudharat dalam riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340. Ketiga, mengetahui implikasi hadis tentang larangan berbuat mudharat dalam riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 terhadap perilaku self harm pada remaja. Hasil yang didapat dari penelitian ini yaitu: (1) Status hadis utama tentang larangan berbuat mudharat dalam riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 memiliki kualitas Sahih Lighairihi dan dapat dijadikan hujjah (2) Makna yang terkandung dalam hadis riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 memuat pemaparan mengenai tidak boleh melakukan sesuatu yang membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Sebab, menjaga diri atau jiwa termasuk salah satu dari syari’at yang diajarkan atau Maqashid al-Syari’ah. (3) Implikasi hadis riwayat Ibnu Majah nomor indeks 2340 terhadap perilaku self harm pada remaja dapat menjadi pengingat bagi para pelaku self harm untuk tidak melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, serta pentingnya menggunakan strategi coping yang adaptif untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zahro, Putri Fatimatusputerifaza24@gmail.com07040520093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Kenakalan Anak dan Remaja
Hadis
Keywords: Ibnu Majah; Self harm; Remaja.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Putri Fatimatus Zahro
Date Deposited: 06 Jan 2024 08:17
Last Modified: 06 Jan 2024 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67038

Actions (login required)

View Item View Item