Thanatos dan eros dalam kembang api karya Herwin Novianto: perspektif psikoanalisis Freudian

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jamilah, Nur (2024) Thanatos dan eros dalam kembang api karya Herwin Novianto: perspektif psikoanalisis Freudian. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Jamilah_A04218018 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Nur Jamilah_A04218018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas dinamika kepribadian tokoh utama dalam film Kembang Api karya Herwin Novianto. Tujuan dari penelitian ini yakni (1) Untuk memaparkan bentuk thanatos dan eros pada tokoh utama film Kembang Api karya Herwin Novianto, (2) Untuk memaparkan bentuk kecemasan pada tokoh utama film Kembang Api karya Herwin Novianto Penelitian ini menggunakan (metode kualitatif) yakni penelitian (deskriptif). Data pada penelitian ini berupa narasi juga dialog, yakni (kata dan kalimat) dalam film Kembang Api karya sutradara Herwin Novianto yang mengacu pada masalah penelitian. Penelitian ini memperoleh sumber data dari film Kembang Api karya sutradara Herwin Novianto yang akan diteliti dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data menonton, mengamati, serta mencatat. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan cara menonton film Kembang Api karya sutradara Herwin Novianto, membaca artikel jurnal, atau penelitian terdahulu mengenai psikologi kepribadian Sigmund Freud dan menyaksikan video-video yang berkaitan dengan penelitian seperti trailer film, behind the scene, dan interview dengan para pemeran film. Hasil analisis pada penelitian ini yaitu bahwa dalam film Kembang Api karya Herwin Novianto mengusung tema mengenai kematian dan kesehatan mental. Film Kembang Api berisi mengenai persiapan kematian, keinginan untuk hidup, dan kecemasan yang terjadi pada para tokoh utama yakni Fahmi, Raga, Sukma, dan Anggun. Berlandaskan dengan teori thanatos, eros,serta anxitas dari Freud, “tema kematian” pada film Kembang Api memaparkan perilaku yang cenderung serta mengarah pada perilaku perusakan diri maupun tindakan bunuh diri (self destructive behavior) dan ketakutan akan kematian. Perilaku mengakhiri hidup ini disebabkan beberapa alasan misalnya ekonomi yang sulit, kekosongan hidup, bullying, serta tuntutan dari pekerjaan. Perilaku mengakhiri hidup, dan takut akan kematian pada film Kembang Api tergambar pada para tokoh dengan melakukan aksi bunuh diri bersama. Dari tindakan bunuh diri tersebut kemudian muncul anxitas (kecemasan) berasal dari situasi mengancam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jamilah, Nurjamilahnur10@gmail.comA04218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorSeptiyani, Rizki Endirizkiendisept@uinsby.acid2021098805
Subjects: Psikologi
Remaja
Film
Keywords: Thanatos dan eros; kembang api; psikoanalisis Freudian
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Nur Jamilah
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:50
Last Modified: 09 Jan 2024 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67174

Actions (login required)

View Item View Item