Studi penggunaan media sosial dalam produksi berita keislaman di harian umum Duta Masyarakat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Filjannah, Khildah (2021) Studi penggunaan media sosial dalam produksi berita keislaman di harian umum Duta Masyarakat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khildah Filjannah_B91216093 full.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khildah Filjannah_B91216093.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran sosial media menawarkan kemudahan untuk saling berinteraksi, berbagi konten dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang biasa. Begitu juga dengan beberapa jurnalis media massa yang mulai memanfaatkan media sosial dalam prosesnya memproduksi berita. Penelitian ini dibuat untuk megetahui apa saja media sosial yang digunakan, apa pertembingan para jurnalis, dan sejauhmana media sosial digunakan dalam produksi berita keislaman di Duta Masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawanacara kepada Pemimpin Redaksi, Redaktur, dan empat jurnalis Duta Masyarakat, serta dokumen-dokumen terkait. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa media sosial yang digunakan adalah Twitter, Facebook, Instagram dan Whatsapp. Pertimbangan jurnalis Duta Masyarakat menggunakan media sosial dalam produksi beritanya karena media sosial menyimpan banyak informasi dan dapat menjangkau informasi yang terlewat oleh jurnalis. Dalam proses produksi berita keislamannya, media sosial digunakan pada tahap perencanaan berita, yakni untuk memantau informasi, mencari referensi, menentukan angle, dan menjadi sumber berita. Selanjutnya pada tahap pencarian berita, media sosial digunakan untuk mewawancarai narasumber dan berbagi foto dengan narasumber.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Filjannah, Khildahkhildahfj98@gmail.comB91216093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Lukmanlhakim@uinsa.ac.id2021087302
Subjects: Dakwah > Dakwah - Media
Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Keywords: Media sosial; produksi berita; berita keislaman; harian umum Duta Masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khildah Filjannah
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:41
Last Modified: 16 Jan 2024 08:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67183

Actions (login required)

View Item View Item