Relevansi narasi al Qur'an dalam akun TikTok @frianimation.official dengan tafsir al Mishbah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kharisma, Chintya Alya (2024) Relevansi narasi al Qur'an dalam akun TikTok @frianimation.official dengan tafsir al Mishbah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Chintya Alya Kharisma_07040320116.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Chintya Alya Kharisma_07040320116_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Maraknya mediatisai al-Qur’an membuka peluang bagi siapapun untuk memberikan interpretasi dengan menuangkan ekspresinya atas ayat al-Qur’an di media sosial, sebab media sosial tidak hanya milik seorang ahli ilmu al-Qur’an dan tafsir, tokoh agama, atau para cendekiawan muslim. Di antara media sosial yang populer dan banyak diminati khususnya para pemuda saat ini ialah TikTok. Akun TikTok @frianimation.official merupakan akun dakwah animasi yang di dalamnya menarasikan ayat-ayat Al-Qur’an. Pemilik akun ini bukanlah seorang tokoh terkemuka dan belum diketahui pula latar belakang keilmuannya. Oleh karena itu penelitian ini membahas relevansi narasi ayat al-Qur’an pada akun TikTok @frianimation.official dengan kitab tafsir. Adapun kitab tafsir yang diguakan ialah Tafsir al-Mishbah. Penelitian ini membahas tiga rumusan masalah. 1) Bagaimana penarasian ayat-ayat al-Qur’an pada akun TikTok @frianimation.official, 2) Bagaimana penafsiran Quraish Shihab dalam Tafsir al-Mishbah terhadap ayat-ayat yang dinarasikan pada akun TikTok @frianimation.official, 3) Bagaimana relevansi narasi ayat-ayat al-Qur’an di akun TikTok @frianimation.official dengan Tafsir al-Mishbah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan studi kepustakaan (library research) menggunakan metode deskriptif dan pendekatan interdisipliner antara tafsir dan komunikasi massa. Dengan pendekatan gabungan ini, akan melihat dari kacamata komunikasi massa bagaimana suatu ayat diinterpretasikan dan disampaikan dalam suatu media. Dengan kacamata tafsir digunakan untuk mengukur apakah ayat yang diinterpretasikan di media tersebut memiliki relevansi dengan kitab tafsir atau tidak. Penelitian ini memperoleh tiga hasil. 1) Penarasian ayat al-Quran pada akun TikTok tersebut dikemas dalam bentuk video animasi dan disampaikan secara singkat melalui dialog antar tokoh disertai subtitle, dan ayat al-Qur’an digunakan untuk membahas topik yang dibicarakan oleh tokoh-tokoh dalam video. 2) Pada Tafsir al-Mishbah, ada dua penjelasan yang berbeda dengan yang dinarasikan pada akun TikTok tersebut, yaitu Surah al-Naml ayat 88 membahas tentang waktu berjalannya gunung-gunung dan pergerakkan bumi. Serta Surah al-Tur ayat 4 membahas makna baitul makmur. 3) Dari empat belas ayat yang dinarasikan pada empat video sampel, ada dua ayat yang penarasiannya tidak relevan dengan yang dijelaskan dalam Tafsir al-Mishbah yaitu Surah al-Naml ayat 88 dan Surah al-Tur ayat 4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kharisma, Chintya Alyachintyaalya1@gmail.com07040320116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwanto, Purwantojalamakna@gmail.com2017047802
Subjects: Media Sosial
Al Qur'an
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Relevansi; narasi al Qur’an; TikTok; tafsir al Mishbah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Chintya Kharisma
Date Deposited: 09 Jan 2024 02:23
Last Modified: 05 Feb 2024 01:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67235

Actions (login required)

View Item View Item