Menelusuri interaksi simbolik dalam subreddit “r/furinamains”: studi Netnografi pada komunitas game “Genshin Impact”

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juliansyah, Nur Azizi (2023) Menelusuri interaksi simbolik dalam subreddit “r/furinamains”: studi Netnografi pada komunitas game “Genshin Impact”. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Azizi Juliansyah_04020520070 OK.pdf

Download (905kB)
[img] Text
Nur Azizi Juliansyah_04020520070 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 11 January 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menyelidiki dinamika interaksi simbolik, dan pola komunikasi, dalam komunitas game online r/furinamains dengan tujuan untuk lebih memahami proses dan dinamika interaksi simbolik serta komunikasi yang terjadi dalam komunitas r/furinamains. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan Netnografi dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, dan juga dokumentasi. Subjek yang telah diambil dalam penelitian ini adalah postingan, komentar, dan diskusi yang terjadi dalam subreddit r/furinamains Teknik validasi data yang dilakukan adalah dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teori. Peneitian ini menemukan tema-tema interaksi komunitas r/furinamains dan proses interaksi simbolik di dalam tema-tema tersebut. proses-proses interaksi simbolik seperti konstruksi tindakan sosial, pembuatan indikasi, persiapan tindakan berdasarkan makna objek, dan dinamika sosial yang dinamis di dalam komunitas kemudian dihubungkan dengan asumsi-asumsi dan konsepsi Blumer tentang interaksi simbolik. Selain itu, pola komunikasi-mulai dari satu arah hingga multi-arah-ditemukan dalam interaksi komunitas r/furinamains, dan menjelaskan beragam cara anggota terlibat dan bertukar informasi dalam komunitas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juliansyah, Nur Azizinur.azizi404@gmail.com04020520070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorEmeraldien, Fikry Zahriafikry.zahria.emeraldien@uinsby.ac.id0028088902
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Media Sosial
Budaya
Keywords: Interaksi Simbolik; Netnografi; Genshin Impact; Komunitas game Online
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nur Azizi Juliansyah
Date Deposited: 11 Jan 2024 13:50
Last Modified: 11 Jan 2024 13:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67266

Actions (login required)

View Item View Item