Gaya bahasa retoris dan kiasan video reels awal bulan akun Wira Nagara pada instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fazrina, Aulia Alda (2024) Gaya bahasa retoris dan kiasan video reels awal bulan akun Wira Nagara pada instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Alda Fazrina_A04218004 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 April 2027.

Download (908kB)
[img] Text
Aulia Alda Fazrina_A04218004.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gaya bahasa merupakan sebuah kemampuan menggunakan bahasa. Gaya bahasa juga mampu menunjukkan kepribadian seseorang, semakin baik cara menguasai bahasa, semakin baik pula penilaian orang lain. Begitu pula sebaliknya. Topik dalam penelitian ini mengenai gaya bahasa yang digunakan Wira Nagara yang digunakan pada unggahan dalam bersosial media. Ciri gaya bahasa Wira Nagara adalah menggunakan diksi yang puitis dan bercampur dengan komedi. Penelitian ini bertujuan memaparkan bentuk dan fungsi gaya bahasa retoris video reels awal bulan akun Wira Nagara pada Instagram data penelitian berupa 12 video dengan waktu singkat. Metode dalam penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan ialah tehnik menyimak serta mencatat yang kemudian menganalisis pembahasan dan dikelompokan berdasarkan bentuk serta fungsi gaya bahasa. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh jumlah gaya bahasa pada video reels dengan rentan waktu juli 2022 – juni 2023 yaitu gaya bahasa aliterasi 9, asonansi 8, asindeton 3, polisindeton 3, erotesis 9, personifikasi, 1, simile 1, dan ironi 1. Terdapat fungsi gaya bahasa yang digunakan oleh Wira Nagara memiliki peranan menambah kesan yang disampaikan oleh pengarang, menambahkan rima dalam penyampaian serta menambah unsur yang condong pada estetika.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fazrina, Aulia Aldaauliaaldafazrin4@gmail.comA04218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdullah Asep Abbas, Asep Abbasasepabdullah@uinsby.ac.id2029076301
Thesis advisorIndriyani Jiphie Gilia, Jiphie Giliajiphiegilia@uinsby.ac.id2016018802
Subjects: Bahasa Indonesia
Media Sosial
Retorika
Keywords: Gaya bahasa retoris; reels; Wira Nagara
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia
Depositing User: Aulia Alda Fazrina
Date Deposited: 23 Jan 2024 02:01
Last Modified: 23 Jan 2024 02:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67605

Actions (login required)

View Item View Item