Eksistensi Batik Tulis di Desa Sendangagung Paciran Lamongan 1980-2020

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Huda, Nuril (2024) Eksistensi Batik Tulis di Desa Sendangagung Paciran Lamongan 1980-2020. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nuril Huda_A72219062 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nuril Huda_A72219062 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 January 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini penulisannya menggunakan pendekatan historis dan antropologi. Pendekatan historis ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana sejarah perkembangan batik di Indonesia terlebih tentang bagaimana Sejarah Batik Tuulis Sendang dari masa ke masa, sedangkan pendekatan antropologi bertujuan untuk mengetahui tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan manusia meliputi kehidupan dan kebudayaan Masyarakat. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori budaya, yang mana teori budaya ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis fenomena budaya dalam masyarakat. Proses pengumpulan data pada penelitian ini, menggunakan metode Sejarah yang terdiri dari Heuristik, Verifikasi, Interpretasi, dan Historiografi. Skripsi ini menyimpulkan bahwa pertama, kehadiran batik di daerah Sendangagung ini awal mulanya dibawa oleh istri Raden Noer Rochmat, dan dari sanalah batik sendang lahir. Kedua, dalam proses pembuatan batik tulis memang membutuhkan waktu yang sedikit agak lama, sebab melewati beberapa proses seperti pembuatan pola, pemberian warna, dan yang terakhir adalah lodoran atau pelepasan malam dari kain. Ketiga, faktor-faktor yang menyebabkan batik tulis mengalami kemunduran, seperti masuknya industry batik modern berupa batik printing, tetapi para pengerajin mempunyai usaha guna untuk mempertahankan batik tulis sendang ini, seperti mempunyai strategi baru, meningkatkan media promosi, melakukan sosialisasi tentang batik sendang, mengenalkan batik kepada generasi muda, mendirikan butik batik, dan mengadakan pameran atau festival Batik Sendang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Huda, Nurilhnuril275@gmail.comA72219062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar Imam Ibnu, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorHuda Lailatul, Lailatul Huda--2013116301
Subjects: Kesenian
Sejarah
Budaya
Keywords: Budaya; Batik Sendang; Historis
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nuril Huda
Date Deposited: 23 Jan 2024 13:53
Last Modified: 23 Jan 2024 13:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67665

Actions (login required)

View Item View Item