Persepsi remaja terhadap tayangan wayang Ki Seno Nugroho di youtube sebagai media komunikasi budaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Mohammad Thoriq Dwiki (2023) Persepsi remaja terhadap tayangan wayang Ki Seno Nugroho di youtube sebagai media komunikasi budaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Thoriq Dwiki Ramadhan_B75219068 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mohammad Thoriq Dwiki Ramadhan_B75219068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengeksplorasi terkait bagaimana persepsi remaja terhadap tayangan wayang pada konten YouTube Ki Seno Nugroho sebagai warisan budaya Indonesia. Wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, di mana memiliki nilai untuk terus dilestarikan. Nilai tersebut adalah wayang mampu menjadi identitas budaya Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Remaja Surabaya. Sedangkan objek penelitian ini adalah tayangan wayang Ki Seno Nugroho pada YouTube. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua jenis persepsi terkait persepsi remaja terhadap tayangan wayang Ki Seno Nugroho pada YouTube, yaitu persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif meliputi konten YouTube Ki Seno Nugroho sebagai sarana hiburan, adanya inovasi pada pertunjukan wayang Ki Seno Nugroho sehingga mudah diterima remaja, sebagai sarana kritik sosial bagi remaja, dan sebagai media perkenalan dan pelestarian budaya Indonesia (wayang). Kemudian, persepsi negatif meliputi keterbatasan dalam memahami bahasa dan penggunaan tutur kata yang tidak santun dalam tayangan wayang Ki Seno Nugroho. Adapun alasan remaja menonton tayangan wayang Ki Seno Nugroho karena merasa terhibur dan dipengaruhi oleh pengalaman masa lalu. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa persepsi remaja terhadap wayang adalah memiliki nilai sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan. Kemudian, penggunaan Youtube sebagai sarana perkenalan dan pelestarian dianggap efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Mohammad Thoriq Dwikithoriq.dwiki@gmail.comb75219068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam--2020067303
Subjects: Media Sosial
Keywords: Persepsi remaja; konten YouTube; wayang Ki Seno Nugroho; komunikasi budaya
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: mohammad thoriq dwiki
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:25
Last Modified: 28 Feb 2024 01:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67681

Actions (login required)

View Item View Item