Hubungan social comparison dan self-esteem dengan body dissatisfaction pada dewasa awal pengguna instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurlaili, Ummu Hanifah (2024) Hubungan social comparison dan self-esteem dengan body dissatisfaction pada dewasa awal pengguna instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ummu Hanifah Nurlaili_J91219132.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ummu Hanifah Nurlaili_J91219132_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 May 2027.

Download (2MB)

Abstract

Media sosial merupakan salah satu media online untuk komunikasi. Banyak platform media sosial yang digunakan salah satunya yaitu instagram. sebanyak 106,72 juta masyarakat Indonesia merupakan pengguna instagram aktif. Paling banyak pengguna instagram adalah dari usia dewasa awal yaitu 37,8%. Pengguna instagram biasanya memanfaatkan platform ini untuk mengunggah kenangan berupa foto atau video. Adapun individu yang membandingkan bentuk tubuhnya karena melihat salah satu foto atau video yang diunggah orang lain sehingga menimbulkan rasa tidak puas akan tubuh yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara social comparison dan self-esteem dengan body dissatisfaction pada dewasa awal pengguna instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Subjek merupakan dewasa awal dengan usia 18 – 24 tahun, berjenis kelamin perempuan atau laki – laki, dan pengguna aktif instagram. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa kuesioner yang disebar malalui google form dengan tiga instrument yaitu skala body dissatisfaction (BSQ-34), skala social comparison (UDACS), dan skala self-esteem (RSES). Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social comparison berpengaruh positif terhadap body dissatisfaction, sedangkan self-esteem berpengaruh negative terhadap body dissatisfaction. Artinya semakin tinggi social comparison maka semakin tinggi body dissatisfaction dan semakin tinggi self-esteem maka semakin rendah body dissatisfaction, begitupun sebaliknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurlaili, Ummu Hanifahhnl10885@gmail.comJ91219132
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFauziyah, Nailatinnailatin.fauziyah@uinsa.ac.id2012067403
Subjects: Depresi
Media Sosial
Psikologi Sosial
Keywords: Perbandingan sosial; ketidakpuasan tubuh; harga diri
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Ummu Hanifah
Date Deposited: 29 May 2024 03:50
Last Modified: 29 May 2024 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/67945

Actions (login required)

View Item View Item