Pengaruh Finger Painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Riana Ayu (2023) Pengaruh Finger Painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riana Ayu Safitri_D99218068 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 January 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Riana Ayu Safitri_D99218068 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan pendidikan anak usia dini mengembangkan banyak aspek perkembangan, yaitu: fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, moral dan agama, dan seni. Mengembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak di Taman Kanak-kanak memerlukan kegiatan pembelajaran yang menarik. Kegiatan menggambar dinilai cukup penting untuk mengembangkan keterampilan anak karena melalui kegiatan ini anak dapat mengembangkan keterampilan motoric halus, meningkatkan kreativitas anak dan belajar mengungkapkan pendapat. Kegiatan menggambar menggunakan metode finger painting dapat meningkatkan perkembangan koordinasi mata-tangan, melatih anak-anak dalam memecahkan masalah, dan permainan yang memberikan anak kebebasan berimajinasi untuk menciptakan sesuatu yang baru sebagai ide kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh finger painting terhadap kemampuan menggambar anak pada kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Lamongan Metode penelitian pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi berupa RPPH dan hasil karya anak. Data analisisnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana pada penelitian ini diperoleh Y = 24,198 + 0,615X. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel Y = 24.198 > variabel X = 0,615, sehingga dapat disimpulkan bahwa finger painting (X) berpengaruh positif terhadap kemampuan menggambar anak (Y). Dengan prosentase di atas menunjukkan bahwa besarnya pengaruh finger painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak sebesar 24,198. Hasil uji hipotesis dengan cara membandingkan nilai Sig dengan 0,05 diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari pada 0,05. Dari perhitungan uji hipotesis di atas dapat dikatakan terdapat pengaruh antara finger painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak pada kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Riana Ayuayuriana61@gmail.comD99218068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Pendidikan > Anak
Pendidikan > Metode
Keywords: Finger Painting; Kemampuan Menggambar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2024 04:27
Last Modified: 24 Jan 2024 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68125

Actions (login required)

View Item View Item