This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Safitri, Riana Ayu (2023) Pengaruh Finger Painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Riana Ayu Safitri_D99218068 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 24 January 2027. Download (3MB) |
|
Text
Riana Ayu Safitri_D99218068 OK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Layanan pendidikan anak usia dini mengembangkan banyak aspek perkembangan, yaitu: fisik motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa, moral dan agama, dan seni. Mengembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak di Taman Kanak-kanak memerlukan kegiatan pembelajaran yang menarik. Kegiatan menggambar dinilai cukup penting untuk mengembangkan keterampilan anak karena melalui kegiatan ini anak dapat mengembangkan keterampilan motoric halus, meningkatkan kreativitas anak dan belajar mengungkapkan pendapat. Kegiatan menggambar menggunakan metode finger painting dapat meningkatkan perkembangan koordinasi mata-tangan, melatih anak-anak dalam memecahkan masalah, dan permainan yang memberikan anak kebebasan berimajinasi untuk menciptakan sesuatu yang baru sebagai ide kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh finger painting terhadap kemampuan menggambar anak pada kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Lamongan Metode penelitian pada penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi berupa RPPH dan hasil karya anak. Data analisisnya menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas dan uji heterokedastisitas. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil uji regresi linear sederhana pada penelitian ini diperoleh Y = 24,198 + 0,615X. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel Y = 24.198 > variabel X = 0,615, sehingga dapat disimpulkan bahwa finger painting (X) berpengaruh positif terhadap kemampuan menggambar anak (Y). Dengan prosentase di atas menunjukkan bahwa besarnya pengaruh finger painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak sebesar 24,198. Hasil uji hipotesis dengan cara membandingkan nilai Sig dengan 0,05 diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai Sig lebih kecil dari pada 0,05. Dari perhitungan uji hipotesis di atas dapat dikatakan terdapat pengaruh antara finger painting berbasis lem terhadap kemampuan menggambar anak pada kelompok B di TK Muslimat NU Bunga Harapan Sumberwudi Karanggeneng Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Anak Pendidikan > Metode |
||||||||||||
Keywords: | Finger Painting; Kemampuan Menggambar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) | ||||||||||||
Depositing User: | Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2024 04:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 24 Jan 2024 04:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68125 |
Actions (login required)
View Item |