Budaya komunikasi followers TikTok @vmuliana: perspektif netnografi komunikasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abadiah, Salsabila Rif'atul (2023) Budaya komunikasi followers TikTok @vmuliana: perspektif netnografi komunikasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Rif'atul Abadiah_04020520083 OK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Salsabila Rif'atul Abadiah_04020520083 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 February 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus dalam menganalisis budaya komunikasi dan mengaitkannya dengan elemen dasar komunikasi online yaitu komunikator sebagai kreator, pesan sebagai konten, dan komunikan sebagai netizen pada akun TikTok @vmuliana. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan memahami kreator mengkonstruksi tradisi komunikasi, pesan-pesan dari konten yang dikonstruksi, dan komentar netizen terkait konten akun TikTok @vmuliana. Metode penelitian yaitu pendekatan netnografi dengan jenis metode kualitatif. Teori yang digunakan ialah Teori Computer Mediated Communication (CMC) dan Teori Pemrosesan Informasi Sosial (SIP). Kesimpulan penelitian ini adalah Konstruksi kreator dalam membentuk tradisi pada akun TikTok @vmuliana yaitu Kreator membuat daftar kategori konten sesuai tema yang menarik dan berdurasi pendek, Kreator memanfaatkan fitur kolom komentar untuk berinteraksi dengan netizen, serta Konten video dari kreator memuat unsur pembuka, isi, dan penutup yang mencakup solusi dari permasalahan netizen. Konstruksi konten dalam menyampaikan pesan yaitu Konten TikTok @vmuliana mampu memenuhi kebutuhan informasi netizen seputar dunia pekerjaan, serta Konten TikTok @vmuliana memotivasi netizen untuk mendapatkan pekerjaan. Komentar netizen dalam konten akun TikTok @vmuliana yaitu Komentar berisi informasi lowongan pekerjaan dan pertanyaan dari netizen, serta Komentar pencapaian netizen mendapatkan pekerjaan dan kalimat pujian yang bersifat positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abadiah, Salsabila Rif'atulra.salsabila09@gmail.com04020520083
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurdin, Alial_fadin@yahoo.co.id2002067101
Subjects: Ilmu Komunikasi
Komunikasi
Media Sosial
Budaya
Keywords: Budaya Komunikasi; Elemen Komunikasi; Followers; TikTok; Netnografi Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Salsabila Rif'atul Abadiah
Date Deposited: 03 Feb 2024 15:37
Last Modified: 03 Feb 2024 15:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68210

Actions (login required)

View Item View Item