Analisis bisnis model canvas pada pengelolaan wakaf produktif di Yayasan Sabililllah Kota Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purnamasari, Widya (2024) Analisis bisnis model canvas pada pengelolaan wakaf produktif di Yayasan Sabililllah Kota Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widya Purnamasari_G95218067.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Widya Purnamasari_G95218067_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pengelolaan wakaf yang terjadi Indonesia belum dikelola secara maksimal oleh nadzir hal tersebut dapat terjadi karena nadzir yang belum memiiki kemampuan yang sesuai dalam mengelola wakaf secara produktif. Akan tetapi terdapat pengelolaan wakaf yang dilakukan secara produktif dan menjadi salah satu wakaf percontohan wakaf produktif yakni wakaf produktif sabilillah. Dalam pengelolaan wakaf dengan mendirikan unit usaha perlu adanya perencanaan yang terperinci sehingga dalam menjalankan pengelolaan wakaf dapat dilakukan sesuai dengan perencanaan yang terperinci dan jelas. Pengelolaan wakaf produktif dengan mendirikan unit usaha terdapat trombosan terkait strategi yang spesifik yakni bisnis model canvas sebagai salah satu cara mengembangkan terkait pengelolaan usaha. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait penggunaan strategi bisnis model canvas yang dapat disesuaikan dengan pengelolaan wakaf produktif yang dilakukan di unit usaha sabilillah. Dengan dilakukannya penelitian ini dapat menjawab terkait penggunaan dari bisnis model canvas dapat dilakukan dalam mengembangkan pengelolaan wakaf dengan mendirikan usaha untuk memproduktifkan harta benda wakaf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data yang berasalkan dari wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen-dokumen mengenai pengelolaan wakaf produktif yang dilakukan oleh yayasan sabilillah kota Malang. Dengan menggunakan metode tersebut peneliti dapat menyimpulkan bahwa pengelolaan yang dilakukan oleh yayasan sabilillah telah dilakukan secara produktif dengan menggunakan prinsip manajemen yang baik. Pengelolaan wakaf produktif dengan menggunakan prinsip bisnis model canvas dapat meningkatkan pengelolaan. Dengan dilakukannya penelitian ini memberikan rekomendasi kepada pihak manajemen untuk melakukan perbaikan dalam meningkatkan produktifitas dari pengelolaan unit usaha yang dijalankan. Dan untuk nadzir yang bukan dari yayasan sabilillah agar dapat melakukan percontohan usaha yang dilakukan dengan menggunakan standar atau dasar bisnis model canvas baik dalam perencanaan maupun pengevaluasian ketika selesai melakukan pengaktualisasian oleh pengelolaan wakaf produktif

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purnamasari, WidyaG95218067@uinsby.ac.idG95218067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDiskuraisyin, Basarbasadiskuraisin@uinsby.ac.id2129118801
Subjects: Manajemen
Bisnis
Wakaf
Keywords: wakaf produktif; bisnis model canvas; unit usaha
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Widya Purnamasari
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:55
Last Modified: 27 Feb 2024 02:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68549

Actions (login required)

View Item View Item