Pengelolaan informasi dalam proses pengungkapan diri pada mahasiswa ilmu komunikasi Uinsa pengguna second account instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Safina Nur (2024) Pengelolaan informasi dalam proses pengungkapan diri pada mahasiswa ilmu komunikasi Uinsa pengguna second account instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safina Nur Azizah_04020520082.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Safina Nur Azizah_04020520082_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 February 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada cara seseorang mengelola informasi yakni informasi pribadinya dalam proses pengungkapan diri yang dilakukan di media sosial. Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk mengetahui proses pengelolaan informasi dan membentuk kepercayaan dalam proses pengungkapan diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif untuk memahami serta memberikan makna terhadap manajemen privasi komunikasi dalam proses pengungkapan diri. Pendekatan fenomenologi dipilih untuk memahami makna dan menjelaskan pengalaman hidup seseorang untuk berinteraksi. Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Ilmu Komunikasi membuat second account Instagram agar semakin leluasa dalam mengungkapkan dirinya karena tidak adanya tuntutan untuk menjaga image, pengelolaan privasi dengan memberikan batasan dan kontrol terhadap informasi pribadi yang hendak dibagikan, selain itu pengalaman buruk di masalalu membuat mereka lebih selektif dalam melakukan manajemen privasi komunikasi. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa membangun kepercayan bukanlah yang mudah sehingga mahasiswa Ilmu Komunikasi memutuskan untuk mengunci second account Instagram miliknya untuk membatasi orang lain mengakasesnya. Mengunci akses ini juga salah satu cara untuk melindungi privasi mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Safina Nursafinanua67@gmail.com04020520082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalisah, Nikmah Hadiatinikmah_hs@yahoo.co.id2014017301
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Informasi
Keywords: Pengelolaan informasi; pengungkapan diri; second account instagram
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Safina Nur Azizah
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:41
Last Modified: 28 Feb 2024 03:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68636

Actions (login required)

View Item View Item