Analisis model jual beli all you can eat di resto Matjeo Korean Grill Jember perspektif Wahbah az-Zuhaili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chinsya, Rizka Nadyana Dinarzade (2023) Analisis model jual beli all you can eat di resto Matjeo Korean Grill Jember perspektif Wahbah az-Zuhaili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rizka Nadyana Dinarzade Chinsya_G74218128 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Rizka Nadyana Dinarzade Chinsya_G74218128.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan menjawab beberapa pertanyaan yang ada pada rumusan masalah yaitu 1) mengenai model jual beli all you can eat pada resto Matjeo Korean Grill dan 2) bagaimana perspektif Wahbah Az-Zuhaili mengenai jual beli model all you can eat. Transaksi jual beli tentunya harus mengikuti syarat dan rukun yang telah ditentukan dalam Islam. Pelaksanaan jual beli model all you can eat tentunya sangat menarik untuk diteliti. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan jual beli dengan model all you can eat serta analisis jual beli model all you can eat dalam perspektif Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskriptif dengan mendiskripsikan jual beli all you can eat perspektif Wahbah Az-Zuhaili. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada informan, yakni owner, pengelola, serta konsumen resto Matjeo Korean Grill. Sumber data primer yang berdasarkan dari hasil wawancara terbuka dengan pemilik, pengelola, serta konsumen Matjeo Korean Grill Jember, sedangkan data sekunder dari dari beberapa jurnal, skripsi, dan buku khususnya buku Wahbah Az-Zuhaili dengan menggunakan teknik pengolahan data editing, classifying, dan yang terakhir menganalisis kajian pustaka terkait jual beli model All You Can Eat. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model jual beli all you can eat merupakan sistem sekali bayar kisaran harga dari Rp. 59.000,- hingga Rp. 99.000,- dan bisa menikmati makanan sepuasnya dalam 90 menit yang telah disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan dengan sistem self service. Jual beli model all you can eat di resto Matjeo Korean Grill Jember yang ditinjau atau dianalisis dari kajian teori buku milik Wahbah Az-Zuhaili “Fiqih Islam Wa Adillatuhu” telah memenuhi rukun dan beberapa syarat jual beli, akan tetapi ada salah satu syarat yang tidak terpenuhi yaitu objek yang diperjual-belikan belum diketahui jumlah, ukuran, serta takarannya yang menyebabkan transaksi itu dianggap tidak sah secara syar’i. akan tetapi, ketidakjelasan dalam jual beli ini dikategorikan gharar kecil, sehingga seperti pendapat ulama Hanafi dan Maliki bahwa Wahbah Az-Zuhaili memperbolehkan jual belinya karena sudah menjadi kebiasaan dilakukan orang dan juga popular

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chinsya, Rizka Nadyana Dinarzadenadyanadinarzade@yahoo.comG74218128
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrulhuda@gmail.com2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Bisnis
Keywords: Jual beli; all you can eat; Wahbah Az-Zuhaili
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizka Nadyana Dinarzade Chinsya
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:29
Last Modified: 05 Mar 2024 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68741

Actions (login required)

View Item View Item