Analisis framing pemberitaan munculnya Ganjar Pranowo dalam tayangan azan maghrib pada portal media online Cnnindonesia.com dan Tvonenews.com

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukarromah, Nurul (2024) Analisis framing pemberitaan munculnya Ganjar Pranowo dalam tayangan azan maghrib pada portal media online Cnnindonesia.com dan Tvonenews.com. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Mukarromah_04020520071.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Nurul Mukarromah_04020520071_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 March 2027.

Download (3MB)

Abstract

Tayangan azan maghrib yang disiarkan MNCTV dan RCTI mendapatkan sorotan publik, sebab Ganjar Prabowo selaku mantan Gubernur Jawa Tengah sekaligus bacapres PDI Perjuangan dalam pemilu 2024 mendatang, tampil sebagai aktor didalamnya. Hal ini menuai pro kontra dari masyarakat terutama pengguna media sosial dan dikaitkan dengan isu politik identitas. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami bagaimana cnnindonesia.com dan Tvonenews.com mengemas isu terkait Ganjar Pranowo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Teks Media (ATM) yang merujuk pada model framing yang dikembangkan oleh Robert N. Entman. Model ini terdiri dari empat unit analisis, yaitu merumuskan masalah, mendiagnosis penyebab, membuat penilaian moral, dan memberikan rekomendasi penanganan.Temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa dalam pembingkaian beritanya cnnindonesia.com menyajikan pernyataan dari narasumber terpercaya yang didominasi oleh anggota partai dan sebagian besar mendukung Ganjar Pranowo sehingga beritanya cenderung terkesan memihak dan mendukung tayangan azan di televisi yang menampilkan Ganjar Pranowo. Sedangkan tvonenews.com membingkai berita secara netral, hal ini dibuktikan dengan banyaknya prespektif yang di sajikan dengan narasumber yang berasal dari berbagai kalangan, baik anggota partai, pengguna media sosial, maupun akademisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukarromah, Nurulrnmukarromah@gmail.com04020520071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuchlis, Muchlismuchlis_79@yahoo.com2024117902
Subjects: Konflik sosial
Media Sosial
Jurnalisme
Keywords: Framing; berita; Ganjar dalam tayangan azan; Cnnindonesia.com; Tvonenews.com
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nurul Mukarromah
Date Deposited: 05 Mar 2024 07:50
Last Modified: 05 Mar 2024 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68748

Actions (login required)

View Item View Item