Representasi kritik sosial dalam lirik lagu Bingung karya Iksan Skuter: analisis wacana model Norman Fairclough

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Gusti, Gifta Damasa Setyanang (2023) Representasi kritik sosial dalam lirik lagu Bingung karya Iksan Skuter: analisis wacana model Norman Fairclough. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gifta Damasa Setyanang Gusti_B95218110 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 March 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Gifta Damasa Setyanang Gusti_B95218110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji tentang bagaimana kritik sosial pada lirik lagu “Bingung” karya Iksan Skuter direpresentasikan menggunakan analisis wacana Norman Fairclough. Untuk menjawab permasalahan yang akan diteliti, peneliti menggunakan model analisis wacana untuk mengkaji dan mengidentifikasi masalah secara mendalam, kemudian peneliti menganalisa data menggunakan analisis semiotika milik Norman Fairclough, kemudian dikaji menggunakan teori representasi, dengan mengklarifikasikan kritik sosial dalam lirik lagu. Hasil dari penelitian ini kritik sosial direpresentasikan sebagai manusia kurang bisa menerima perbedaan, manusia hanya melihat hasil tanpa melihat proses yang orang lain laui, manusia semakin lama semakin kehilangan sifat kemanusiaan-nya dimana seharusnya manusia melihat sebuah perbedaan adalah sesuatu yang indah dan bukannya menjadikan pertikaian. Dalam penelitian ini diharapkan agar dapat membantu pendengar lagu dalam memahami makna kritik sosial yang ada dalam lirik lagu “Bingung” serta nantinya ada peneliti lain yang meneliti dari sudut pandang lainnya mengenai lagu “Bingung” karya Iksan Skuter seperti halnya pesan moral, dan pengaruh terhadap pendengarnya sehingga mampu melengkapi kekurangan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Gusti, Gifta Damasa Setyananggiftsdsg@gmail.comB95218110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMaksum, Imam-2020067303
Subjects: Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Keywords: Representasi; lirik lagu; discourse practice; sociocultural practice
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: gifta damasa setyanang gusti
Date Deposited: 12 Mar 2024 05:47
Last Modified: 12 Mar 2024 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68793

Actions (login required)

View Item View Item