Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bastomi, Yazid Al (2024) Nilai-nilai pendidikan Islam dalam film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yazid Al Bastomi_06040120107 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 March 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Yazid Al Bastomi_06040120107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Nilai pendidikan Islam menjadi pondasi yang sangat penting untuk menciptakan perubahan yang diinginkan. Melalui pendidikan, cara berpikir, sikap, dan tindakan manusia dapat mengalami transformasi yang lebih baik. Salah satu media pembelajaran dalam pendidikan adalah film dan diantara film yang memiliki nilai-nilai pendidikan Islam di dalamnya adalah film The Journey. Film ini memuat beragam nilai-nilai pendidikan Islam yang relevan serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui konsep nilai-nilai pendidikan Islam. 2) Mengetahui nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah. 3) Menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah. Penelitian ini mengadopsi metode studi pustaka dengan fokus pada analisis dan penafsiran konten, bertujuan untuk mengungkap makna dan implikasi dari materi yang disajikan. Metode ini menggunakan pendekatan semiotik untuk mengidentifikasi tanda-tanda dalam objek penelitian, dengan fokus pada tanda-tanda ikonis seperti skenario, gambar, teks, dan adegan. Penelitian ini akan mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Nilai-nilai pendidikan Islam adalah panduan untuk membimbing perilaku manusia menuju kebahagiaan dan kesejahteraan di dunia dan akhirat, mengutamakan pembentukan akhlak yang baik dan pengembangan potensi individu sesuai ajaran agama Islam. Maka dari itu, nilai-nilai pendidikan Islam berperan penting dalam pembentukan individu dan masyarakat yang lebih baik secara keseluruhan. 2) Film The Journey karya Essam Bukhari dan Amr al Maddah, terdapat nilai-nilai seperti tolong menolong, cinta tanah air, memaafkan, berdoa, jujur, bekerja keras, sopan santun, optimis, sabar, sedekah, husnudzon, setia kawan, beriman, dan bersyukur. Nilai-nilai yang terdapat dalam film "The Journey" memberikan pesan moral yang mendalam tentang pentingnya karakter yang baik, hubungan sosial yang sehat, dan keteguhan dalam menghadapi cobaan hidup. 3) Analisis film The Journey menunjukkan bahwa tolong menolong merupakan nilai yang paling dominan muncul. Penekanan pada tolong-menolong sebagai nilai yang dominan dalam film "The Journey" memberikan pesan yang mendalam terhadap konsep solidaritas, empati, dan kepedulian, serta menegaskan pentingnya nilai-nilai tersebut dalam membentuk hubungan manusia yang lebih baik dan lebih berempati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bastomi, Yazid Albustomiyazid1001@gmail.com06040120107
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudin@uinsby.ac.id2012096702
Subjects: Pendidikan Islam
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Film
Keywords: Nilai pendidikan Islam; Fflm the journey; film edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yazid Al Bastomi
Date Deposited: 18 Mar 2024 01:57
Last Modified: 18 Mar 2024 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/68894

Actions (login required)

View Item View Item