Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Media Sosial: telaah akun Instagram @rabithah_alawiyah Perspektif Teori Framing Robert N. Entman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Devi, Syafa Rosita (2024) Pengarusutamaan Moderasi Beragama di Media Sosial: telaah akun Instagram @rabithah_alawiyah Perspektif Teori Framing Robert N. Entman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syafa Rosita Devi_07010120018 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Syafa Rosita Devi_07010120018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 March 2027.

Download (1MB)

Abstract

Di tengah maraknya ekstremisme ideologi, sikap moderat hadir sebagai solusi alternatif dalam moderasi beragama. Terdapat dua permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini. Pertama, skripsi ini meneliti bagaimana bentuk pengarusutamaan moderasi beragama dalam akun instagram @rabithah_alawiyah? Kedua, bagaimana pembingkaian media yang digunakan akun instagram @rabithah_alawiyah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan teori framing Robert N. Entmen. Teori tersebut digunakan sebagai alat untuk menganalisis konten video yang ditayangkan instagram @rabithah_alawiyah. Hasil dari penelitian ini adalah memaparkan bentuk pengarusutamaan moderasi beragama dan kecenderungan Rabithah Alawiyah dalam menyampaikan pesan melalui instagram @rabithah_alawiyah. Pertama, bentuk pengarustamaan moderasi beragama dalam instagram @rabithah_alawiyah dikemas dalam bentuk video yang menarik dan mengedukasi penonton untuk mengambil jalan tengah dalam memahami realitas. Kedua, kecenderungan atau penonjolan aspek terangkum pada empat skema framing Robert N. Entman. Dalam skema define problems, akun instagram @rabithah_alawiyah cenderung menonjolkan hal-hal yang berkaitan dengan humanisme dan isu aktual mengenai moderasi. Pada konteks diagnose causes, @rabithah_alawiyah menyorot bahwa penyebab masalah adalah adanya ekstremisme ideologi dalam masyarakat. Dalam skema make moral judgment, @rabithah_alawiyah dominan memaparkan tanggapan dan saran dalam menghadapi perbedaan yang berkaitan dengan moderasi. Dengan tidak saling menyalahkan, justru memberi pemahaman dan mengutamakan kemanusiaan. Pada skema treatment recommendation, @rabithah_alawiyah memberi solusi jalan tengah menggunakan ideologi moderat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Devi, Syafa Rositarositadevi109@gmail.com07010120018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@uinsby.ac.id2013086001
Subjects: Filsafat
Ideologi Islam
Media Sosial
Keywords: Moderasi beragama; framing; media sosial.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rosita Yudi
Date Deposited: 22 Mar 2024 01:34
Last Modified: 22 Mar 2024 01:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69158

Actions (login required)

View Item View Item