Implementasi strategi digital marketing guna meningkatkan retensi pelanggan dan penjualan produk pada UMKM di Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Felina Amelia (2024) Implementasi strategi digital marketing guna meningkatkan retensi pelanggan dan penjualan produk pada UMKM di Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Felina Amelia Putri_08020320038 full.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Felina Amelia Putri_08020320038.pdf

Download (2MB)

Abstract

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) berperan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Peran UMKM tidak hanya dirasakan di negara-negara berkembang tetapi juga dirasakan oleh negara maju. Salah satu strategi yang efektif dapat menggunakan digital marketing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran pada digital marketing diterapkan. Strategi pada digital marketing digunakan oleh para pelaku UMKM di berbagai bidang untuk mempertahankan serta meningkatkan nilai usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif. Dengan menggunakan data primer dan sekunder. Pada data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada 5 pelaku UMKM di Kabupaten Tuban yang telah menerapkan strategi pada digital marketing, observasi bagaimana penerapan strategi nya, serta dokumentasi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari buku atau penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi yang diterapkan oleh UMKM pada digital marketing adalah berupa promosi melalui media sosial, endorsrment, e-commerce, serta layanan pesan antar seperti grabfood. Penerapan digital marketing cukup memberi dampak positif bagi kelangsungan UMKM karena dapat meningkatkan pendapatan UMKM meskipun ada beberapa yang hanya naik tidak terlalu signifikan. Meskipun begitu dengan menggunakan digital marketing maka komunikasi dengan konsumen akan semakin mudah dan jika menggunakan strategi yang tepat tentunya akan membawa pengaruh signifikan bagi UMKM di Kabupaten Tuban. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengungkapkan beberapa saran yang sekiranya dapat membantu dan memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang terlibat atas hasil penelitian. Yaitu di harapkan UMKM selalu melakukan evaluasi kinerja tentang hasil dari strategi yang diterapkan. Untuk pemerintah agar memberikan pelatuhan tentang strategi pemasaran digital karena banyak dari mereka yang belum menguasai hal tersebut. Untuk peneliti selanjutnya agar mengkaji lebih luas tidak hanya di lingkup kabupaten saja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Felina Ameliafelinaputri69@gmail.com08020320038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibthayib@uinsby.ac.id2016117001
Subjects: Pemasaran
Bisnis
Keywords: Strategi digital; marketing; produk UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Felina Amelia Putri
Date Deposited: 22 Mar 2024 07:11
Last Modified: 22 Mar 2024 07:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69191

Actions (login required)

View Item View Item