Penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MI Badrussalam Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'idah, Faza Makhfiyatus (2024) Penguatan pendidikan karakter melalui budaya sekolah di MI Badrussalam Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faza Makhfiyatus Sa'idah_06020720029.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Faza Makhfiyatus Sa'idah_06020720029_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 March 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena keprihatinan peneliti melihat kondisi karakter anak usia sekolah dasar yang seringkali menjadi perhatian banyak pihak kkarena adanya beberapa tantangan dan perubahan dalam lingkungan dan budaya sosial. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di dapatkan bahwa di MI Badrussalam sudah menerapkan beberapa budaya sekolah untuk meningkatkan karakter siswanya dan menjadi tugas madrasah untuk mendidik siswanya memiliki moral dan perilaku sebagai bekal masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana: 1) Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Melalui Budaya Sekolah di MI Badrussalam Surabaya dan, 2) Dampak Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui budaya sekolah terhadap karakter siswa di MI Badrussalam Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitan kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data triangulasi sumber data guna memastikan keabsahan dan kredisbilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan PPK melalui budaya sekolah di MI Badrussalam Surabaya adalah dengan menanamkan nilai karakter religius, nilai nasionalis, nilai mandiri, nilai gotong royong dan nilai integritas dengan mengintegrasikan ke dalam proses pembelajaran dan pembiasaan melalui budaya sekolah. Adapun bentuk budaya sekolah terhadap PPK di MI Badrussalam Surabaya diantaranya : adanya program literasi, membaca doa sebelum dan sesudah pembelajaran, pembiasaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah, program pesantren, budaya 5S, peringatan PHBI/PHBN, projek siswa, kegiatan kerja bakti dan operasi semut. 2) Dampak penerapan PPK di MI Badrussalam Surabaya terhadap karakter siswa dapat dirasakan baik di dalam dan di luar sekolah. Dampak PPK terhadap nilai religius yakni siswa menjadi rajin dalam menjalankan ibadah, ikut serta dalam kegiatan keagamaan masyarakat. Nilai nasionalis; meningkatkan cinta tanah air dan semangat nasionalisme. Mandiri; mampu mengatasi tugas dan tantangan secara mandiri. Gotong royong; menjadikan siswa peduli dan dan aktif membantu sesama dan lingkungan sekitar. Integritas; menjadikan siswa bertanggung jawab, jujur dan berkomitmen

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'idah, Faza Makhfiyatusfazamakhfiyah02@gmail.com06020720029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorChasanah, Uswatunuswatunchasanah@uinsby.ac.id89878786
Subjects: Kebudayaan
Kepribadian
Etika
Keywords: Penguatan pendidikan karakter; budaya sekolah; MI Badrussalam Surabaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: FAZA MAKHFIYATUS SA'IDAH
Date Deposited: 28 Mar 2024 04:27
Last Modified: 28 Mar 2024 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/69275

Actions (login required)

View Item View Item